4 Mar 2019

Inilah Hambatan yang Harus Dihadapi oleh Penyedia Jasa Logistik di Indonesia


Credit : sera.com

Kegiatan mengirim barang dari satu tempat ke tempat yang lain merupakan salah satu kegiatan yang sudah banyak dilakukan oleh manusia di dunia. Melalui perkembangan teknologi yang ada sekarangn ini, proses pengiriman barang dari pengirim ke penerima juga mengalami perkembangan.

Dari bidang administrasi dan hal lain lebih bisa terorganisir dengan baik. Pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat justru mengakibatkan perusahaan penyedia jasa logistik semakin bisa mendapatkan keuntungan yang lebih menggiurkan.

Banyaknya online shop yang melakukan pengiriman barang kepada para konsumen menjadi penyebab penyedia jasa logistik bisa meraih keuntungan yang tidak sedikit.

Ada beberapa jenis penyedia jasa logistik yang bisa anda temukan di Indonesia. Pemilihan jenis tersebut bisa anda tentukan berdasarkan tingkat kebutuhan yang ingin anda cukupi. Penentuan tarif yang harus dibayar sebagai pihak pengirim juga bisa dilatarbelakangi oleh beberapa hal.

Pertama adalah bobot barang yang akan anda kirimkan. Bila barang tersebut memiliki bobot yang berat, maka akan lebih banyak biaya yang harus dibayar kepada penyedia jasa logistik. Selain itu, jenis barang dan jarak yang harus ditempuh oleh barang hingga akhirnya bisa diterima oleh penerimanya juga menjadi indikator lain yang menentukan tarif.

Di balik semua keuntungan yang mungkin didapat dari penyedia jasa logistik, ada beberapa hambatan yang mungkin akan ditemukan. Apa saja?
Berikut ini penjelasannya.

1. Jenis geografis
Indonesia merupakan negara maritim yang terdiri dari banyak pulau. Hal tersebut yang mengakibatkan terjadinya beberapa hambatan yang mungkin akan dihadapi oleh penyedia jasa logistik. Jarak yang jauh sehingga membutuhkan banyak waktu untuk menempuh perjalanan menjadi kendala yang harus dihadapi. Apalagi, transportasi laut yang dimiliki oleh Indonesia belum terlalu baik bila dibandingkan dengan negara yang lebih maju. Penyedia jasa logistik harus menggunakan berbagai macam cara agar barang yang dikirimkan bisa aman sampai ke tujuan.

2. Biaya pengiriman
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tarif pengiriman barang menggunakan penyedia
jasa logistik ditentukan juga oleh jauh atau dekatnya jarak yang harus ditempuh. Semakin jauh jarak yang ditempuh, semakin besar pula biaya yang harus dibayar. Apalagi sekarang ini biaya kargo yang ditentukan oleh pemerintah dirasa semakin memberatkan pihak penyedia jasa logistik yang berdampak kepada konsumen. Tarif biaya akan semakin meningkat apabila barang harus dikirim ke jarak yang jauh dan dalam waktu yang relatif singkat.

3. Keterbatasan teknologi
Meskipun sudah banyak mengalami perkembangan, tapi teknologi yang berlaku di Indonesia bisa dibilang masih jauh dari kata maju. Luasnya daerah yang dimiliki oleh Indonesia belum bisa dijangkau dengan mudah. Daerah pelosok Indonesia masih membutuhkan banyak perhatian agar bisa mudah dicapai oleh penyedia jasa logistik.

Kondisi jalan dan kemampuan transportasi yang dimiliki oleh beberapa daerah menjadikan masih banyak lokasi yang belum bisa dijangkau sehingga masih menghambat keinginan pihak yang ingin mengirimkan barang ke lokasi tersebut.

4.Infrastruktur yang kurang memadai
Seperti yang telah dijelaskan, infrastruktur di daerah-daerah yang ada di Indonesia menjadi kendala yang harus dihadapi oleh penyedia jasa pengiriman. Semakin buruk infrastruktur yang dimiliki oleh suatu daerah, semakin sulit pula penyedia jasa logistik melakukan pengiriman ke daerah tersebut.

Meskipun masih memiliki banyak hambatan, tapi ada banyak penyedia jasa logistik yang bisa memberikan pelayanan terbaiknya. Salah satu penyedia jasa logistik yang cukup terpercaya adalah Sera. SERA adalah salah satu anak perusahaan Astra yang bergerak di bidang pengiriman barang.

Semua informasi terkait bisa anda dapatkan dengan mengakses website resminya, yaitu sera.astra.com untuk mendapatkan info yang lebih detail.

Keep Happy Blogging



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)