23 Mar 2019

Mbolang Ke Solo, Petualangan Lokal Bercitarasa Eropa

Dokpri. Omahantik.com - Pelataran depan Heritage Palace


Hampir terkecoh ketika melihat foto-foto sahabat bertebaran di medsos. Bagaimana tidak saya kira dia pesiar jauh ke luar negeri dan foto selfie di spot-spot yang keren. Ternyata setelah saya beri komentar dengan pujian wow, mereka malah ketawa cekikikan. Gantian saya yang disuruh jalan-jalan refreshing. Duh, berarti selama ini saya yang kurang piknik ya *ngakaksendiri.
Jangan lama-lama ya pikniknya, cus mari mbolang ke Solo, petualangan lokal bercitarasa Eropa. (menurut opini saya-so jangan diprotes keras) !

The Heritage Palace
Nah baru saya melongo habis setelah tahu kemana teman saya, Larasati jalan-jalan pekan minggu yang lalu. Teryata masih dekat sekitaran Jawa Tengah saja, kok. Yup The Heritage Palace destinasi kekinian  tersebut letaknya di dusun Gembongan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Sekitaran Solo Raya, deh.

Sejarah awalnya merupakan Pabrik Gula yang berdiri pada tahun 1920, lalu berubah fungsi menjadi gudang tembakau. Sempat terbengkalai lumayan lama sehingga akhirnya mendapat perhatian dari pihak swasta. Akhirnya dipugar menjadi tempat wisata. 

Dokpri Omahantik.com - salah satu spot di Heritage Palace yang menarik

Bangunan-bangunan lama tetap dibiarkan apa adanya dan hanya dibersikan serta diberikan sentuhan perbaruan di beberapa titik lokasi. Berkunjung ke kawasan The Heritage Palace secara langsung memang menghadirkan suasana yang berbeda. Apalagi saat memandangi bangunan tua dengan berbagai ornamen peninggalan zaman kolonial. Sekilas mirip dengan wisata kolosium di Eropa, kan.

Pelataran dalam The Heritage Palace malah menyajikan sejumlah koleksi mobil-mobil antik kuno yang cukup menawan. Masuk ke dalam bangunan, akan melihat keberadaan  musem 3D dan juga museum kwalik. Nah disitulah siapapun bisa foto bahkan selfie sepuasnya.

Benteng Vastenburg
Pastinya orang gak asing lagi dengan bangunan kuno yang begitu terkenal di Surakarta. Salah satunya adalah Benteng Vastenburg. Sisa bangunan peninggalan masa penjajahan Belanda. Benteng yang terletak di sekitaran Gladak, Surakarta.
Benteng yang dibangun tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Sebagai bagian dari pengawasan Belanda terhadap penguasa Surakarta, khususnya terhadap keraton Surakarta, benteng ini dibangun, sekaligus sebagai pusat garnisun. Di seberangnya terletak kediaman gubernur Belanda (sekarang kantor Balaikota Surakarta) di kawasan Gladak.
credit :jalanjalan.com - Benteng Vastenburg kastil yang bersejarah
Jika diamati sekilas bentuk tembok benteng sepperti bujur sangkar yang ujung-ujungnya terdapat penonjolan ruang yang disebut selekoh (bastion). Di sekeliling tembok benteng terdapat parit yang berfungsi sebagai perlindungan dengan jembatan di pintu depan dan belakang. Bangunan terdiri dari beberapa barak yang terpisah dengan fungsi masing-masing dalam militer. Di tengahnya terdapat lahan terbuka untuk persiapan pasukan atau apel bendera. Hemm benteng yang cukup mengesankan selain bikin rasa merinding jika terperangkap di dalam sendirian. Bagaimana kalian sendiri, berani ???

Bendung Tirtonadi
Sepintas melihat nuansa di Bendung Tirtonadi Solo ini, siapa yang bisa menyangkal jika tempat ini seperti di wilayah benua Eropa. Baik jalanan setapak maupun panoramanya seakan berada di wilayah yang dingin bersalju.  Padahal Bendungan Tirtonadi ini berada di sepanjang tepian Kali Pepe, Surakarta.

Credit : Google - Panorama indah Bendung Tirtonadi Solo 
Sungguh tidak menyangka sama sekali ada sejumlah obyek ataupun destinasi wisata lokal seperti Bendung Tirtonadi Solo yang rekomended dikunjungi oleh banyak wisatawan. Tidak terkecuali saya lho, yang dari dulu ngebet pengin dapat jalan-jalan keluar negeri. Sayangnya belum kesampaian sampai sekarang ini.

Memilih Petualangan Yang Sesuai
Pengalaman beberapa teman yang sudah bepergian wisata ke mana pun setidaknya memberikan masukan bermanfaat bagi saya secara pribadi dan keluarga. Bagaimana memilih destinasi wisata yang sesuai dengan keinginan serta budget yang dimiliki. Tidak perlu memaksakan diri untuk harus piknik ke tempat wisata yang jauh dan tergolong mahal harganya baik dari sisi tranport serta penginapan.

Mengenal PegiPegi.com

Tidak perlu ribet dan merasa kuatir dalam menyiapkan segala keperluan yang berhubungan dengan rencana untuk menikmati wisata. Seperti memesan tiket moda transportasi dan hotel. Mengajak wisata keluarga setidaknya memang harus ada planning terlebih dulu : memilih hotel yang dekat dengan tujuan wisata baik itu nantinya hotel bintang tiga atau bintang lima. Yang penting kelayakan hotel bersih dan cukup terjangkau. Note deh, jika nantinya bisa booking hotel di Solo jika mbolang lagi bersama keluarga besar.
Apalagi kini banyak kemudahan  dengan adanya situs terpercaya PegiPegi.com yang bisa melayani semua keperluan tadi. Cukup pasang aplikasinya bisa juga via versi mobile sehingga memudahkan siapa saja untuk melakukan pemesanan ataupun booking hotel.

Fitur keren dari mobile pegipegi.com
Aplikasi pegipegi.com ini sangat memudahkan para penggunanya untuk melakukan pencarian serta pemesanan kebutuhan traveling. Cukup dengan pengalaman browsing ala aplikasi mobile tanpa ‘menghilangkan’ fitur-fitur yang sudah tersedia di halaman web versi desktop.
Mobile web pegipegi.com selalu menampilkan fitur-fitur andalan yang semula hanya bisa diakses oleh para pengguna pc atau desktop. Fitur pencarian yang ditawarkankan TIDAK hanya berdasarkan KATA KUNCI  atau keyword berupa nama hotel atau kota tujuan saja, namun juga hotel yang terdekat dengan lokasi mereka saat itu. Oya, para penggunanya juga bisa mem-filternya berdasar harga, rating, tingkat bintang, detil lokasi dan kamar hotel yang dilengkapi foto foto kondisi hotel.

Nah, tunggu apalagi cuz Mbolang Ke Solo, Petualangan Lokal Bercitarasa Eropa bisa dirasakan segera mungkin. Tidak ada kata terlambat untuk melewatkan momen yang membahagiakan ini.

Keep Happy Blogging

16 comments:

  1. Aku malah baru tau yg tirtonadi itu , klo heritage palace udh sering liat sliweran di sosmed hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndang cuz dolan kesana sama keluarga tercinta mas

      Delete
  2. Aih ini tempat emang epic banget buat jalan-jalan dan foto instagramable. Suka banget deh, soon aku mau ah kesini lagi.

    ReplyDelete
  3. Heritage spot memang selalu tampak unik. Asyik-asyik tu mbak koleksi fotonya .. 👍

    ReplyDelete
  4. Bener menurutku memang kaya di eropa soalnya gedungnya gede tipikal gedung Eropa

    ReplyDelete
  5. Baru tahu nih aku kalo ada tempat baru yg bisa dijelajah di Solo.
    Yes, kalo ke Solo besok, bisa main ke sini.

    ReplyDelete
  6. Wah, iya Mba, seperti di luar negeri ya.

    Udah lama nih nggak jelajah Solo, padahal setahun yang lalu lewat SOlo

    ReplyDelete
  7. Ah aku pengen ke Solo heritage blm kesampean nih mbak. Apik ya tempatnya

    ReplyDelete
  8. Bendungan Tirtonadi yang belum pernah aku kunjungin. Kalo untuk The Hiratage emang oke buat ala2 eropa

    ReplyDelete
  9. Hihi, ini baru berarti ya, Mbak. Kalau dari tempatku, Solo paling 2,5 jam an. Bisa nih jadi obyek wisata nanti oas liburan semesteran. Hihi.

    ReplyDelete
  10. Asik jalan-jalan ya Mba ke Solo
    jadi kangen kota Solo, udah lama nggak ke ssana
    mau ke sana ada undangan juga belum bisa ngepaske jadwal

    ReplyDelete
  11. Asik jalan-jalan ya Mba ke Solo
    jadi kangen kota Solo, udah lama nggak ke ssana
    mau ke sana ada undangan juga belum bisa ngepaske jadwal

    ReplyDelete
  12. Lhooo Bendungan Tirtonadi koq apike eram?? Asli lho beneran kayak di Eropa. Jadi pengin narsis di sana hehehee... Juga ke The Heritage Palace. Ternyata dulunya pabrik gula ya. Berarti di Indonesia ini banyak juga ya pabrik gula yang mangkrak, terus diperbaiki dan digunakan untuk kepentingan komersial. Daripada hancur ya, kan eman-eman.

    ReplyDelete
  13. Aku gagal ke Heritage akhir tahun kemarin, ujan seharian. Akhirnya cuma di Tjolomadu sama kulineran

    ReplyDelete
  14. Padahal aku & pak suami sering bolak-balik Jogja-Solo, tapi baru tahu destinasi2 di atas. Nggak pernah update sosmed hahaha

    Tapi klo dilihat, The Heritage Palace itu sekedar "wisata selfie" kah mbak?

    Pas lihat foto2nya kok langsung inget Rabbit Town Bandung itu, yg dateng ke sana fungsinya cuma buat foto2 doang... :P

    ReplyDelete
  15. Wah seru banget, aku baru tau nih kalo ada tempat keren gini di Solo

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)