20 Apr 2020

Ayuk Kenali Dulu Corona Virus Disease 2019


Hampir 4 bulan pertama pada tahun 2020 ini penuh dengan hal-hal mengejutkan. Benar begitu, kan sobs? Coba runut satu persatu, ada kejadian bencana alam, penyebaran virus penyakit, sampai pesohor tanah air yang super dikagumi sontak tiada ( duh jadi inget ABANG Ashraf) njuk disusul penyanyi romantis pujaan hati, Bung Glenn F.

Tapi yang paling menohok betul-betul mengerikan diantaranya yaitu COVID19 atau Corona Virus Diseases 2019. WOLF WEARS IN SHEEP'S CLOTH.

Apaan sih, maksutnya? Hehehe jadi ingat pameo waktu dulu kalo lagi bercanda sama the genks,  Bak serigala berbulu domba. Jadi penyakit ini kayaknya SANTUY aja eh gak tahunya efek yang ditimbulkan warbiyasaaah.

Awalnya masyarakat Indonesia tidak mengindahkan. Kesannya cuek bebek begitu aja. Malahan ada yang bergurau Indonesia tidak bakalan tertular lantaran rakyatnya sudah kebal dengan berbagai ujian masalah kehidupan. Plastik aja dijadikan campuran bahan makanan. Kebiasaan segelintir masyarakat yang senang main curang jadi deh apapun kebal.

Candaan dan meme yang pernah ramai langsung redam seketika saat faktanya teridentifikasi  2 WNI yang positif terkena Covid19 (C19) ini. Hampir semuanya heboh dan ada yang PANIC BUYING. Memborong segala kebutuhan Sembako. Jiaaah, baru nyadar ya kalau C19 ini tidak bisa diremehkan.

Terkadang orang kalau diberitahu yang baik, malah bisa salah penerimaannya. Merasa sok pinter, kalee atau bisa jadi bukan suatu ancaman serius sehingga dianggap angin lalu saja.

Beda banget jika penyampaian melalui visualisasi jadi lebih midah dipahami. Bayangin seperti anak kecil yang lekas  mengerti jika dijelaskan lewat serangkaian gambar.

Perhatikan video singkat di bawah ini ya sobs, tentang edukasi pengenalan virus Corona yang sudah mengglobal penyebarannya.


Benaran nih, sobs sudah pada mengerti bagaimana sepak terjang virus Corona yang efeknya dahsyat.

Kilas balik aja ya, Covid19 ini awal mulanya dari Provinsi Hubei China. Hubei ini memang memiliki ibukota yang selama ini dikenal orang, yakni kota WUHAN. Diketahui dari kota Wuhan virus ini cepat menyebar dengan gejala yang ditimbulkan seperti Pneumonia.

Sejak itu Wuhan segera dikarantina, jalanan serta tranportasi umum ditutup. Pemerintahannya sigap langsung menerapkan pembatasan perjalanan dan bisnis ke berbagai wilayah.

Berita dunia tersebut pada akhir tahun 2019 lalu, sontak mengingatkan saya pada sebuah thriller film TRAIN TO BUSAN ( cung, deh siapa yang pernah lihat, tuh film Korea. Situasinya hampir sama, kepanikan masal sampai dengan suasana kota yang senyap menyerupai kuburan) Hiiih, bergidik jadinya.

Jangan lantas jadi parno ya sobs, karena virus tersebut bisa diantisipasi dengan perilaku diri kita yang mau disiplin menjaga higinitas dan patuhi aturan yang berlaku  seperti menjaga jarak ( Physical  Distancing) dari kerumunan.
Jika semua instruksi dijalani dengan kesadaran sepenuhnya, niscaya bisa memutus rantai penyebaran Covid19 .

Hal mudah yang bisa dilakukan mulai dari yang sederhana adalah diri sendiri. Biasakan sikap disiplin dan sosialisasi kepada semua anggota keluarga mulai :

CUCI TANGAN
Meski terlihat sepele namun kebiasaan mencuci tangan dengan sabun menjadi hal penting menyingkirkan virus maupun kuman penyakit yang menempel.

MEMAKAI MASKER
Tujuannya melindungi diri agar tidak mudah tertular dengan orang lain.yang kebetulan sakit batuk atau bersin dan terpercik air liurnya, begitu pula sebaliknya.

DON'T TOUCH
Tidak menyentuh langsung area seperti mata, hidung, mulut apalagi dari bepergian atau melakukan aktifitas dari luar sebelum cuci tangan. Kuatirnya kebiasaan tadi bisa menularkan virus tanpa disadari.


TES MEDICAL
Jika tubuh menunjukkan gejala tidak biasa, seperti tiba-tiba suhu tubuh meningkat, alami batuk disertai sesak nafas, juga diare langsung bawa periksa ke Tim medis agar diberikan tindakan pertolongan lebih lanjut.

Pikiran yang tenang dan kondusif akan memberikan rasa relaks pada tubuh dan jiwa seseorang sehingga kemungkinan terjangkit akan virus sangatlah minim.

Coba nih cermati desain grafis berikut ini mengenai Tips mudah cegah virus tersebut.


Semoga apa yang saya uraikan secara singkat bisa membantu sedikitnya pemahaman tentang virus Corona yang belum diketahui obat penangkalnya. Sambil berdoa penuh harapan baik, semoga virus ini bisa dibasmi tuntas dari muka bumi ini dan hidup kembali normal seperti sedia kala.

KEEP HAPPY BLOGGING

Sumber Foto :
* Kemendes
*Akurat.co.id ( desain grafis)



No comments:

Post a comment

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)