10 Dec 2019

Candi Prambanan, Destinasi Wisata Andalan Berbasis Budaya


Keanggunan Candi Prambanan
Credit : By traveloka.com

Sebentar lagi libur panjang semester sekolah barengan dengan libur akhir tahun. Saatnya To-DO list hal-hal penting agar bisa memanfaatkan liburan menyenangkan. Tentunya bersama orang dan keluarga tercinta.

Tahun ini keluarga saya penginnya melancong ke tempat wisata yang dekat jangkauannya yakni seputar Jawa Tengah dan sekitarnya. Pilihannya ada Solo atau Yogyakarta. Seringnya mengunjungi kedua tempat tersebut tetap saja memiliki hasrat kembali lagi. Pokoknya tidak ada bosan-bosannya deh, bertandang ke sana.

Again, again and again....

Tetapi kali ini terbersit keinginanan menjelajah di candi yang terkenal elok akan keanggunannya.

Yup, siapa sih yang tidak kenal Candi Prambanan, salah satu mahakarya kebudayaan Hindu yang hingga kini masih tetap lestari dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit para wisatawan. Candi yang dibangun sekitar abad ke-10 ini, tidak hanya sebagai tempat rekreasi keluarga, namun juga menjadi destinasi wisata edukasi bagi anak-anak sekolah.

Wisata Budaya Candi Prambanan

Kompleks wisata Candi Prambanan memiliki areal seluas sekitar 40 hektar yang membentang di dua wilayah Klaten hingga Sleman. Suasana tempatnya yang asri dengan pepohonan dan tanaman hijau di pelataran candi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Beragam atraksi menarik juga bisa kamu saksikan disini. Berikut review selengkapnya.

Atraksi yang Ada di Prambanan
Situs warisan budaya dunia UNESCO sejak 1992 ini juga menawarkan beragam atraksi menarik.

1. Arsitektur dan Relief
Pertama, arsitektur dan relief candi. Candi ini memiliki arsitektur tinggi dan sudah menggunakan teknologi maju di zamannya. Kompleks candi yang bernama asli Siwagrha atau rumah Siwa ini memiliki 240 buah candi yang terbagi dua bagian, yakni candi induk dan candi pengapit.

2. Museum Rumah Joglo
Kedua, Museum Rumah Joglo. Untuk kamu yang suka benda-benda bersejarah atau purbakala, bisa berkunjung ke Museum Rumah Joglo yang berada di kompleks candi, tepatnya di bagian utara. Banyak koleksi benda-benda purbakala yang bisa dilihat di museum itu, seperti arca, patung, dan batu-batuan purba.

3. Sendratari Rama
Ketiga, Sendratari Ramayana. Pengunjung akan disuguhi cerita dalam alunan tari khas Jawa dengan iringan musik gamelan. Sebuah visualisasi epos legendaris Ramayana yang sarat dengan nilai-nilai budaya Jawa ini semakin menambah daya tarik destinasi wisata Candi Prambanan.

4. Ritual Tawur Agung
Keempat, Ritual Tawur Agung. Atraksi ini merupakan ritual agama Hindu di Pulau Jawa yang dilaksanakan untuk menyambut perayaan Hari Raya Nyepi. Dalam prosesi tersebut, para peserta ritual akan membuat ogoh-ogoh dari kertas untuk dibakar sebelum matahari terbit. Ritual keagamaan ini telah menjadi atraksi budaya yang menarik banyak pengunjung.

5. Prambanan Jazz Festival
Kelima, Prambanan Jazz Festival. Bagi penggemar musik jazz, kamu bisa datang ke Prambanan saat digelarnya Prambanan Jazz Festival. Event tahunan ini sudah sangat terkenal di kalangan pecinta musik jazz. Sejumlah musisi terkenal yang pernah meramaikan acara ini, seperti Ari Lasso, Dewa 19, Glenn Fredly, dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk
Untuk yang ingin berlibur ke Candi Prambanan, berikut daftar harga tiket masuk (HTM) yang berlaku saat ini.


Jam Buka
Spot wisata budaya ini dibuka setiap hari dan tidak mengenal hari libur atau hari besar nasional. Loket tiket dibuka setiap hari (Senin-Minggu), mulai jam 06.00 – 17.00 WIB.

Lokasi
Obyek wisata ini berlokasi di Jalan Raya Jogja – Solo Km 16, atau sekitar 17 km ke arah timur dari Kota Yogyakarta. Secara administratif, candi ini berada di dua wilayah, yakni Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk sampai ke lokasi candi juga cukup mudah. Letaknya berada persis di pinggir jalan raya Solo – Jogja, sehingga bisa ditempuh dengan naik kendaraan umum. Dari Jogja, misalnya, bisa menggunakan Trans Jogja dan berhenti di halte pasar Prambanan.

Berbicara wisata berbasis cagar budaya memang tidak ada habisnya. Untuk para penjelajah atau traveller yang suka berlibur di objek wisata budaya, Candi Prambanan masih menjadi obyek wisata favorit di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Pemandangan alamnya yang mempesona serta atraksinya yang menakjubkan, candi ini layak menjadi tempat liburan bersama keluarga. Yuuk, segera agendakan bersama keluarga tercinta mumpung ada kesempatan berlibur bersama.


Keep Happy Blogging

No comments:

Post a comment

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)