7 Mei 2020

Mau Tahu Apa Saja Ide Kegiatan Saat Puasa Ramadan

Ide kegiatan selama puasa
Mau tahu apa saja ide kegiatan saat puasa ramadan ? Sebenarnya ada banyak sih yang bisa dilakukan pada tahun- tahun sebelumnya. Namun situasi berubah tatkala pandemi datang menyerang hampir seluruh dunia. Tidak terkecuali Indonesia tercinta .
Mari sekilas mengingat ide kegiatan yang dilakukan saat puasa Ramadan, diantaranya :

Bakti Sosial
Penggalangan dana yang dilakukan sebagian orang yang mampu atau institusi, lembaga pemerintah dalam menyalurkam bantuan dana bagi masyarakat yang kurang beruntung.
Mungkin untuk situasi saar ini bakti sosisl lebih aman dilakukan dari rumah saja. Cukup disosialisasikan sebagai aksi sosial online.

Berkunjung ke panti asuhan
Biasanya nih selama puasa ramadan banyak sekali agenda yang dilakukan. Termasuk menyambangi panti asuhan maupun panti orangtua (baca jompo). Namun saat pembatasan sosial waktu ini kunjungan ke tempat sosial ditiadakan.

Lomba Religi di Mesjid
Kegiatan yang biasanya ramai dimeriahkan di lingkungan mesjid selama bulan puasa diantaranya :
✔ lomba adzan
Lomba memgumandangkan adzan ini selalu mendapat respon luar biasa. Karena banyak peminatnya dan betapa antusiasnya dari para penontonnya.
✔ Lomba membaca ayat-ayat pendek QS juga banyak diikuti dari  tongkat anak-anak juga
✔ Lomba Menabuh Bedug
Lomba ini sangat diminati orang banyak. Karena tidak sedikit orang yang piawai menabuh bedug bertalu-talu.
Sayangnya di masa pandemi Covid19 kegiatan lomba di lingkungan mesjid untuk sementara ditiadakan. Lantaran orang-orang dianjurkan untuk membatasi diri berkunpul lebih dari 5 orang serta membatasi jarak minimal 1 meter.
Doakan saja ya sobs, agar pandemi ini cepat usai dan kegiatan kembali normal seperti sedia kala

Acara Bukber 
Acara bukber atau buka bersama dilakukan sebagai ajang silahturahmi antar sesama terutama kaum muslim jelang buka puasa. Namun bukber modern ditandai sebagai acara kebersamaan lembaga, kelompok ataupun perorangan yang sekedar ingin berbagi rasa syukur bisa berbuka puasa bersama.
Sebagai gantinya acara buka bersama ini, mengingat masih ada pandemi yang berlangsung bisa saling mengirimkan paket sembako atau makanan online satu sama lain.

Bikin Kreasi Makanan Takjil
Acara membuat makanan takjil untuk waktu berbuka di mesjid seringkali ditunggu jemaahnya. Karena tiap daerah memiliki makanan khas takjil yang senantiasa ditunggu orang banyak.

Demikian tulisan ringkas tentang  mau tahu apa saja ide kegiatan di saat puasa ramadan, semoga para pembaca semua bisa mengambil intisari dari kondisi sekarang yang serba tidak memungkinkan.

Keep Happy Blogging


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)