5 May 2020

Menu Puasa Praktis Ternyata Luar Biasa Enaknya

Menu Puasa Praktis U

Mungkin sebagian orang belum mencoba menu puasa praktis ternyata luar biasa enaknya. Apalagi di situasi saat pandemi ini yang kondisinya serba susah.

Gak usah jauh-jauh deh, ambil pengalaman dari diri saya sendiri saja. Bagaimana bingungnya dalam memanage menu masakan tiap harinya dengan keterbatasan dana.

Dulu pernah nih pas belanja saya bersebelahan dengan mamak borjouis (sebutan untuk kaum berkantong tebal) di pasar. Beliau dengan santainya beli ini itu kayak mau borong semuanya aja.

Sementara saya yang bawa uang seuprit  (dipaksa) ngerem dan selektif memilih bahan untuk menu sehari itu saja. Syukur-syukur dengan uang  semisal nih, dua puluh ribu bisa belanja komplit.

Sobs, cerita tadi cuma selingan aja ya biar gak spanneng alias tegang. Nah yang mau tahu tentang menu puasa praktis ala mamak yang ternyata luar biasa enaknya. Pokoknya enggak kalah sama yang dijual di warung makan.

Sambal Tomat


Menu Puasa Praktis 1
Sambal Tomat Idola keluarga
Bukan orang Indonesia jika gak suka yang  serba serbi pedes. Jargon jaman ortu dulu sampai sekarang. Tapi menurut saya pribadi ada benarnya. Makan sesuatu tanpa ada cita rasa pedasnya jauh dari MANTAP . Betul betul betul!
Selama masa puasa ramadan tahun ini, sambal tomat jadi hidangan pelengkap wajib ada.

Malahan dari sambal tomat ini nanti bisa jadi bumbu dasar bikin masakan lain seperti Nasi Goreng ,  balado, atau sambal goreng. Cara bikin sambal tomat termasuk mudah cukup siapkan bawang merah, sedikit bawang putih, cabe merah, cabe rawit , buah tomat, terasi. Goreng semua bahan sampai layu dan haluskan. Koreksi rasa sambal dengan penyedap dan gula merah sesuai selera.

Sup Daging 


Menu Puasa praktis2
Sup Daging tetelan
Hampir semua orang menyukai masakan sup. Apapun jenis sup yang penting aroma rasanya yang khas dan bikin badan jadi hangat karena kandungan bumbu mericanya akan tetap jadi andalan mamak di rumah. Pilihan saya sebagai menu puasa praktis ialah isian dagingnya saya ganti dengan tetelan alias daging yang terdapat tulang halus. 

Oseng-oseng Buncis
Menu Oseng Buncis
Diantara menu puasa praktis yang paling saya gemari ya menu kaya ragam sayur mayur. Gak ada bosan-bosannya saya masak menu puasa praktis tersebut.
Bahannya juga mudah ada sayur buncis, petai, tomat, bawang merah, bawang putih, cabe merah, tomat. Lalu semua ditumis sampai harum. Tambahan udang itu.opsional. Tanpa udang juga enak banget oseng-oseng buncisnya.

Orak-Arik Sayur
Menu Puasa Praktis3

Menu puasa praktis yang tidak kalah enaknya orak arik sayuran, yang terdiri atas wortel, kubis,juga buncis. Terakhir dicampur dengan telur kocok  hingga menjadi buliran telur.

Demikian sedikit sharing menu puasa praktis ala mamak seterong semoga bisa jadi inspirasi para pembacanya.

Keep Happy Blogging

No comments:

Post a comment

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)