4 May 2020

Jalani Puasa Ramadan Saat Pandemi Covid19

Jalani Puasa Ramadan Saat Covid19

Tahun 2020 ini terasa berbeda sekali dibanding tahun sebelumnya. Banyak sekali peristiwa alam serta kejadian dunia silih berganti. Yang jelas banyak ujian dilewati termasuk dalam menjalani puasa Ramadan saat pandemi Covid19.

Auranya sungguh beda, termasuk penyambutan awal bulan Ramadan tahun ini yang jauh dari suasana hiruk pikuk kegembiraan. Gantinya dengan suasana yang penuh keprihatinan. Lantaran semua masyarakat kudu taat akan protokoler Physical Distancing dan WFH alias bekerja  di rumah saja.

Terlepas dari itu semua, saya sekeluarga harus bersyukur masih diberi kesempatan bertemu momen penuh keberkahan serta kemuliaan. Berharap bisa menunaikan kewajiban puasa sebaik mungkin meski didera ujian pandemi yang tiada pasti.

Yang terpenting juga saya masih diberi kemampuan membantu terbaik untuk keluarga. Mencukupi segala kebutuhan sehari-hari mulai makan, biaya hidup harian hingga kebutuhan unexpectedly
Ya mau gimana lagi, kasihan sebenarnya dengan kondisi kepala rumah tangga terimbas corona. Sehingga sementara waktu mamak harus bisa alih fungsi demi keluarga tercinta.

Tips Hemat Berpuasa
Sedikit tips saya yang menjalankan puasa Ramadan saat pandemi Covid19 agar semua berjalan lancar dan bermanfaat tentunya :

✔ Buat list Menu Masakan
Untuk memudahkan para kaum mamak rempong apalagi menyiapkan masakan di waktu berbeda sahur dan buka. Saya coba biasakan bikin list menu masakan yang simpel saja selama 1 minggu.
Misal H1 : menu sup bakso dan tempe goreng ( bisa untuk buka dan sahur)
H2 : menu oseng tempe tauge dan telur ceplok plus kerupuk (buka dan sahur)
H3 : menu cah sawi dan rempeyek teri (buka dan sahur)
H4 : menu cap cay bakso dan tempe goreng
H5 : menu kuah asem iga dan mendoan tempe
H6 : menu sambal goreng tahu udang dengan tempe goreng
H7 : menu oseng jamur buncis telur puyuh dan tempe goreng
Dalam penyajiannya nanti bisa diselang-seling supaya tidak monoton aja. Disesuaikan selera koki rumahnya hehe.

✔ Stok bumbu dasar
Jalani puasa ramadan saat covid19-1

Membuat stok bumbu dasar akan membantu menyiapkan menu masakan lebih cepat dan praktis. Bumbu dasar bisa bumbu merah, kuning serta tumisan bawang putih. Siapkan semua dan masukkan ke dalam toples khusus bumbu. Lalu tutup rapat. Siap pakai ketika memasak.

✔  Alternatif  Buah Ekonomis
Jalani puasa ramadan saat covid19-2
Perlu dipikirkan juga tentang makanan pelengkap agar tercukupi kebutuhan vitamin serta mineralnya. Yakni tersedianya buah-buahan segar . Jika dirasa harga buah cukup tinggi saat kondisi sekarang ini, bisa kok  cari alternatif lainnya. Seperti saya yang kerap stok buah jeruk peras sebagai ganti buah Sunkist yang lumayan mihil. Atau buah jambu biji  maupun buah tomat.

Demikian share sedikit tips jalani puasa Ramadan saat pandemi covid19. Semoga bisa memberikan manfaat pembaca semuanya.

Keep Happy Blogging 



No comments:

Post a comment

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)