11 Agu 2020

Pentingkah Les Online Ketika Pembelajaran Daring Diterapkan Sekarang Ini


Lumayan lama sekali nih tahun ajaran sekolah menerapkan sistem belajar di rumah. Terkait dengan adanya kebijaksanaan pemerintah Indonesia yang menerapkan masa darurat Covid-19 yang mengharuskan semua guru dan siswa belajar dari rumah. Setelah kasus pertama Covid-19 dikonfirmasi pada tanggal 2 Maret 2020.

Siswa harus melaksanakan kegiatan belajar di rumah, baik melalui sarana dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring).
kegiatan belajar di rumah, baik melalui sarana dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). 

Saya rangkum juga dari share curhat teman yang kebanyakan memang emak-emak rempong. Sebagian dari mereka ngaku kewalahan menghandle sistem pembelajaran yang baru ini.
Yaaah kalau anaknya cuma satu orang. Lah ini ada yang klenger alias putar otak mencari solusi terbaik mengurus 3 anak  yang sama-sama harus mengikuti daring di rumah.

Persoalan tidak berhenti sampai repot dengan banyak anak saja melainkan juga susah akses internet karena keterbatasan. Ada yang sama sekali tidak terbiasa memakai aplikasi seperti Google Meet ataupun aplikasi Zoom sebagai pengganti kelas sekolah. 
Bahkan ada siswa yang memang tidak dibekali gawai oleh orangtuanya mengingat betapa rawannya berselancar di dunia maya tanpa pengawasan orang tua.

Sementara bagi yang orangtua sibuk bekerja mengalami dilema tidak bisa mendampingi saat ada penugasan atau pemberian materi online yang biasanya berlangsung pagi hingga siang hari, kan.

Tapi soal pemberian tugas tidak menjadi kendala berarti karena metode efektif yang diterapkan di sekolah negeri putri saya alhamdulillah bisa diatur dengan guru kelasnya.

Misalnya nih, ortunya bekerja full time diberi kelonggaran waktu untuk mengumpulkan tugas yang diwajibkan. Sehingga orangtua  bisa langsung mengecek dan mendampingi anak-anaknya belajar setelah pulang dari kantor.

Seperti menghadapi tantangan yang tiada terputus ya. Ada kendala lainnya bagi sebagian orangtua  yang kerap mobile sebagai pedagang. Masalahnya tidak hanya keterbatasan waktu menemani anak belajar namun juga sudah terlalu letih membantu pelajaran jika ada kekurangan dalam materi pelajaran. Sepertinya mereka sudah menyerah pasrah jika dimintai membelajari anak.
Udah gak bisa mikir nih Mah, jika ada soal-soal pelajaran susahnya kayak begitu... !
Cerita mamah Dama yang berkeluh kesah tidak sanggup membantu anaknya jika mengalami kebingungan di pelajaran matematika dan bahasa inggris.

Kemungkinan problem yang dialami mamah Dama bisa terjadi pada orang lain mengingat mata pelajaran sekolah dasar kini lumayan susah. Tidak bisa mengandalkan dari pihak sekolahan saja ditambah keterbatasan tenaga orangtua  yang sibuk bekerja.

Pentingkah Les Online Ketika Pembelajaran Daring Diterapkan Sekarang Ini

Jika ada yang mengalami kasus serupa seperti mamah Dama tadi bisa jadi solusi alternatif jitu mengenai pentingnya les online ketika pembelajaran daring diterapkan.
Bimbingan belajar atau istilah populernya +)les online bisa jadi pilihan terbaik yang memudahkan orangtua mendukung pembelajaran.

Saya sih setuju banget dengan pilihan mamah Dama yang ingin anaknya bisa belajar dengan sebaik mungkin tanpa mengalami kendala. Apalagi saat sekarang ini banyak merebak tawaran bimbel online dengan biaya bervariasi. Jadi jangan mudah tergiur dengan sajian iklannya saja  ya, tetapi harus lebih cermat memilih.

Aplikasi si Kelas Pintar


Pentingkah Les Online Untuk Anak-Anak Belajar Daring di rumah
Penampakan Keren app si Kelas Pintar 

Mau tidak mau saya ikut pinisirin loh, teman. Dari cerita Mamah Dama yang tertarik dengan les online Kelas Pintar karena ada diskon menarik jika ikut bulan ini.
Saking gak sabar, akhirnya saya instal aplikasi Kelas Pintar setelah melihat websitenya. Ternyata aplikasi ini begit user friendly alias sungguh praktis digunakan.

Kelas pintar menyajikan fasilitas belajar yang komplit dengan video pembelajaran, soal latihan hingga simulasi ujian.

Saya langsung menjelajahi fitur yang ada di dalamnya bersama sinok Rani. Lihat tampilannya yang cerah ceria menjadikan mata nyaman menelusuri satu persatu. Bahkan diberi  paket Free trial selama 7 hari.

Kebetulan putri saya kelas 3 SD, maka saya teruskan mencoba latihan soal sub Tema 1 : Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Banyak sekali penjelasan yang gamblang dan mudah dipahami.

Pentingkah Les Online Untuk Anak-Anak belajar daring di rumah aja
Salah satu fitur latihan soal
yang menyenangkan si Kelas Pintar

Ternyata belajar melalui  Aplikasi Kelas Pintar sangat menyenangkan sekali. Sinok Cielo, putri saya juga takjub ketika eksplor  fitur Practise. Dimana ada materi tanya-jawab dilengkapi dengan hasil jawaban yang benar.

Contohnya seperti ini lho,teman  :

Apa nama salah satu alat pernafasan pada tumbuhan...
Jawaban : Beberapa alat pernafasan pada tumbuhan adalah Stomata, lentisel, dan rambut akar

Wah, luar biasa banget nih penjelasan detail jawabannya karena di buku paket tematik kelas 3 SD yang Rani miliki hanya menerangkan sedikit, yakni stomata (mulut daun) saja.

Jadi semangat belajar anak kian membuncah, deh. Selain menambah wawasan anak juga tertarik mencoba latihan berulang kali. Coba aja , kalau gak percaya.

Sekali lagi nih teman, menurut saya pribadi pentingnya les online ketika pembelajaran daring diterapkan itu memang benar adanya. Sebagai solusi belajar yang lengkap karena mengacu pada :
✔ Belajar yang terencana
Anak bisa menuliskan catatan penting  dan membuat jadwal sendiri
✔ Belajar gak sendirian
Bisa buat grup belaja bersana teman lain/ mendaftarkan orangtua untuk selalu memberi dukungan.
✔ Adanya progress terukur
Orangtua juga bisa memantau perkembangan  belajar yang bisa dikirim setiap saat melalui rapor.

Mungkin saja dengan tulisan yang saya uraikan tadi pentingnya les online ketika pembelajaran daring diterapkan bisa jadi inspirasi siapa saja untuk memutuskan bimbel online terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)