14 Nov 2021

Lakukan Hal Penting Ini Agar Si Kecil Tidak Trauma Cedera

 

Tip Anak Tidak Luka Trauma Cedera-Solitaire
Tips mudah agar si kecil tidak trauma cedera
Credit by Pixbay.com

Hati ibu mana yang gak sedih manakala tahu buah hatinya mengalami cedera hingga mengeluarkan darah lumayan banyak. Deg! Hati berdebar kencang.

Jelang sore ada suatu peristiwa mengejutkan hati saat saya lagi beberes rumah. Melihat putri kesayangan tiba-tiba diantar seorang wanita muda, yang saya kurang mengenalnya. Apalagi melihat gelagat yang tidak seperti biasanya. Sinok kan terkenal talkactive dan super periang. Nah ini cuma diam saja tanpa mau mengeluarkan sedikitpun suara.
Maaf ya bu, tadi a- a- adik ini keserempet motor tanpa sengaja. Kayaknya aa... adik tadi mengejar kucing 
Si embak pengantar tadi terlihat agak ketakutan dan menjelaskan singkat kejadian yang terjadi secara terbata-bata. Dalam pikiran saya sempat berkecamuk berbagai dugaan. Akh jangan-jangan si mbak meleng nih, jalannya.... ato motor si mbaknya agak ngebut jadi ngerem mendadak... Huaaaaaa, saya udah gak tahan membendung kesedihan nih.

Langsung lemas rasanya melihat putri saya terkulai lemas dengan luka berdarah lumayan banyak di sekitar mulutnya. 

SPEECHLESS DONG !
Berita bagusnya, sinok tidak menangis kencang bahkan mengeluh kesakitan. Cuma diam  sambil sesekali melirik takut pada noda darah yang mengotori baju.
Sebenarnya saya sendiri lumayan ngeri jika melihat luka darah apalagi belepotan banyak di sekitar mulut. Namun saya berusaha tegar, bersikap tenang agar sinok tidak turut panik.
 
Untungnya saya belajar pengalaman dari keluarga dekat bagaimana mengatasi situasi darurat terutama anak yang mengalami luka tanpa sengaja.
Kuatirnya si kecil mengalami ketakutan, selalu terngiang-ngiang kejadian yang tidak mengenakkan tersebut atau merasa trauma kecil.

Beberapa Cara Agar Anak Tidak Trauma 

Hal mudah yang bisa dilakukan agar si kecil tidak merasa ketakutan lagi setelah mengalami cedera luka. Karena saya pernah tahu ada beberapa anak teman saya yang mengalami kejadian luka cedera, entah terjatuh dari sepeda, mengejar layang-layang, atau teriris pisau kebanyakan diantaranya seperti dihantui rasa takut.  Jadi saya berusaha mengantisipasi agar putri saya bisa kembali menjalani aktifitasnya penuh ceria dan tawa.  Maka saya coba lakukan hal penting agar si kecil tidak trauma karena luka cedera :

1. Stay Cool- Tetap berusaha tenang
Terus yakinkan si kecil bahwa kejadian tersebut sudah berlalu. Tidak perlu cemas bahkan terus teringat kejadian tidak mengenakkan tersebut. Ajak ngobrol hal-hal menyenangkan saja yang mengundang gelak tawa.
Tip Anak Tidak Luka Trauma-Solitaire2
Credits : pixbay.com

2. Hadapi ketakutan bersama
Cobalah dengan memberikan rasa aman secara perlahan-lahan agar si kecil  bisa menerima kejadian tidak menyenangkan sebelumnya dengan ikhlas. Kita sebagai orang tua harus bisa mendampinginya untuk mengikis rasa takutnya dan kepercayaan dirinya kembali meningkat.
Tip Anak Tidak Luka Trauma-Solitaire3
credits : pixbay.com

3.Alihkan perhatian pada kegiatan yang menarik
Tidak jarang si kecil akan selalu merasa gelisah, kuatir berlebihan, bahkan spontan menangis histeris jika melihat lukanya. Untuk mengatasi hal-hal tersebut kita bisa langsung mendekati dan menenangkan si kecil dengan hangat. 
Alihkan perhatiannya dengan melakukan kegiatan/hobi menyenangkan seperti menggambar, nonton film kartun favorit atau bermain beberapa game online yang so have fun seperti di Solitaire.org .
Tips Anak tidak luka trauma-Solitaire1
Kebetulan sinok emang getol banget main Game Hidden Object yang sudah berulangkali dimainkan tanpa bosan-bosannya. Eh, kadang si Mamak juga ikutan nimbrung sih. Selain tampilan grafisnya yang keren banget, bisa mengasah kejelian mata, serta bikin refreshing otak. Bener, kan?? Coba aja klik situsnya  solitaire.org dijamin bakal kecanduan terus. Hehehe.

Apalagi Hidden Object ini sekilas mirip permainan petak umpet dan mencari benda-benda tersembunyi yang harus disesuaikan. Banyak sih pilihan untuk bermain games online ini. Mungkin bermain games ini  seharian tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Mainnya sich siang hari, tahu-tahu udah beranjak malam hari ajaaah.

Tips Anak tidak luka trauma-Solitaire4
Penampakan Games Hidden Object

Namun saya en sinok lebih sreg memainkan yang  GARDEN SECRET Hidden Object ketimbang yang Hidden Kitchen. Mungkin lantaran gambar yang dicari lumayan kecil-kecil ukurannya, dan terkesan rapat. Bandingkan dengan proportional gambar di GARDEN SECRET lumayan leluasa dan tampak jelas bentuk yang akan dicocokan.


Games Daily Word Search

Masih ada satu lagi nih yang selalu jadi idola dihati Games Daily Word Search, hati selalu terhibur apalagi pas main dengerin sound musicnya so easy going. Sambil melatih konsentrasi dan koordinasi baik antara otak dan mata. Saya sekeluarga jadi tertantang terus deh mencoba satu persatu games online  Solitaire.org tiap harinya. Hehehe, swear gak pakai bosan-bosannya.

Kalau ditanya adakah games lainnya yang menarik dan menghibur tentunya ??? YA PASTI adalah semua game online di situs Solitaire.org ini banyak ragam pilihannya. Pokoknya begitu simpel, praktis, mudah no ribet-ribet tanpa INSTALL APLIKASI , semua bisa dimainkan melalui ponsel ataupun laptop yaa sobs.
Makanya nih salah satu cara mudah anak tidak trauma cedera yang dialami dengan mengajaknya bermain games online yang bisa melatih memori atau daya ingat, konsentrasi baik dan kinerja otak.

Keep Happy Blogging !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)