17 Okt 2021

Tips Agar Anak Suka Matematika, Ajaklah Bermain Games !

Matematika sangatlah mengayikkan
Sumber : gambar Pixbay

Beberapa anak diketahui ada yang tidak menyenangi ilmu hitung matematika. Alasannya pun bisa beragam. Matematika dianggap seperti momok menakutkan, tidak mau berpikir terlalu berat, bahkan sudah menyerah sebelum berjuang. 
Tak Kenal Maka Tak Sayang...
Percaya enggak sih maksud dari pepatah tadi sebenarnya merujuk kepada siapa saja  jika tidak memahami atau mengerti sesuatu hal ada baiknya lebih mengenalnya terlebih dulu maka akan tahu apa arti sebenarnya.

Dulu waktu sekolah saya pernah ngalami sindrom phobia of math , merasa was-was jika mengikuti pelajaran matematika. Apalagi jika giliran duduk di kursi barisan depan, alamat ditunjuk maju ke papan tulis. Apesnya, kalau gagal menjawab soal, dapat jatah berdiri di depan kelas sampai bel istirahat. Hadeeuh.

Itu cerita lalu ya, cukup buat pengalaman sendiri. Jika diruntut pelbagai alasannya kurang sreg dengan matématika bukan masalah nasib awak bodoh atau antipati matematika. Tetapi sejak pertama mengenal dunia matématika, hidup saya seperti terbebani. Belum lagi kalau dapat nilai kurang, wah bisa tuh Mamak sayang marah besar. Sanksinya dobel-dobel , dilarang mainan, gak dapat uang jajan, sampai nonton tv kartun kesayangan dicoret beberapa waktu. Kalau ngalami kejadi serupa, tos deh kita seumuran ya sobs.

Tips agar Anak Suka Matematika
Pengalaman adalah guru yang baik. Dasar prinsip itulah yang ingin saya terapkan dalam mendidik anak-anak tercintaah dong. Tidak ada kata pedas baik ucapan maupun sikap kasar. Semua dilakukan secara have fun.  Beberapa hal yang sudah saya terapkan agar nantinya anak-anak bisa nyaman belajar matematika :

Libatkan Anak dalam kegiatan harian
Sejak kecil saya selalu mengajak si Kakak saat belanja ke pasar ataupun di warung. Dengan begitu dia belajar mengenal transaksi sederhana, tentang harga bahan sayur mayur dsb ketika berbelanja.

Berikan kepercayaan pegang uang
Tidak ada namanya beri uang untuk memanjakan anak melainkan menanamkan bentuk kepercayaan kepada anak. Semisal dia beli jajan atau barang, saya ajarkan juga untuk bisa bertanggung jawab mengatur pengeluaran. Dengan sendirinya anak akan tahu nominalnya jika membeli sesuatu dan bijak untuk memakainya.

Bantu dengan ilustrasi sederhana
Kadang secara teori saja anak masih kebingungan memahami matematika. Biasanya lewat ilustrasi yang simpel akan lebih membantu. Saya sering melakukan juga, semisalnya Sinok lagi serius berhitung dengan bilangan besar. 
Seratus dibagi dua puluh lima. Saya bantu asumsi hitungan bilangan tersebut dengan uang koin dua puluh lima. 
Coba jika adik punya uang 25 bayangkan harus ada berapa koin lagi nih biar genap jadi 100 ?
Langsung deh, sinok gercep bisa langsung paham jawabannya.

Belajar di manapun 
Dari dulu saya tidak pernah memaksakan untuk belajar harus duduk tertib di meja belajar. Yang penting anak nyaman dan bisa paham dengan apa yang dipelajari. 
Buat saya dan anak-anak belajar bisa dilakukan kapan saja, misal saat ngobrol santai atau hanging-out. Malah dengan cara seperti itu anak-anak bisa mengerti konsep dasarnya. Jadi lebih mudah anak memahami suatu rumus matematika berdasar konsep.

Ajak Bermain Games 
Ternyata bermain games memberikan manfaat juga, games matematika bisa mendukung anak untuk lebih perhitungan dalam pemikiran strategis, menemukan cara penyelesaian masalah serta mengembangkan pola pikir kreatif. Maka dari itu gak ada salahnya ajaklah anak-anak bermain games yang bisa memberikan stimulus antara skill, saraf motorik dan berpikir otak lebih dinamis.
 
Bermain Games Matematika
Serunya Bermain Games Bersama
Dokpri : omahantik.com

Yup betul bermain games memberikan banyak manfaat. Bisa melatih anak belajar membuat keputusan dengan baik.  Sehingga ketrampilan logis dan penalaran mereka juga meningkat lebih baik.

Pilih Games Selektif
Sekarang ini banyak beragam games yang bisam dipilih dan dimainka siapa saja. Apalagi jaman digital ini semua fasilitas kelengkapan sudah tersedia. Sayangnya tidak semua memiliki kesempatan untuk memiliki. Saya temasuk yang bernasib sama, mengandalkan satu gadget yang lumayan jadul. Ponsel sering nge-lag, bahkan restart dengan sendirinya. Ditambah memori hape yang kecil susah untuk menampung beban berlebih.
Untungnya nih ketemu situs games yang asyik punya dan enggak perlu repot pasang aplikasinya. 
Yup banyak games keren di  plays.org cuzz  langsung deh ke websitenya. 

Games Favorit
Kalap mata jadinya saat melihat begitu banyak games di play dot org yang disediakan dengan menarik dan mudah dimainkan siapa saja. Diantara games plays.org yang sering dimainkan saya dan anak-anak diantaranya :

1. Cat Around The World Japanese Valley
Games dengan karakter kucing mirip Garfield tokoh terkenal movie memang begitu menggemaskan. Jenis games ini terkesan simpel, namun butuh kejelian dan strategi jitu. Terutama saat mengirimkan UDANG dengan mulus tanpa harus terkena sengatan arus listrik. Bisa-bisa udang gosong dan tidak sampai di tangan kucing. Hehehe keren, kan.
Games Seru Melatih Strategi

2. Guardian Defenders of Mathematica
Ternyata ada juga games plays.org yang membahas operasi aritmatika, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dsb secara menyenangkan. Jadi gak terasa memainkan Guardian Defenders of Mathematica secara tidak langsung belajar matematika secara menyenangkan.
ermain Games Guardian Defenders of Mathematica
Games Fun Mathematica

3. Defends The Sewers
Asyik banget nih memainkan games Defends The Sewers. Begitu seru dan mengasyikan. Karena dituntut kejelian untuk bisa menembak tepat pada target bola yang lewat, tentunya harus dengan warna yang sama sejajar tiga bola ya, sobs. Games ini sekilas mengingatkan saya pada Games LUXOR yang biasa saya (paksakan) install di ponsel. 
Melatih kejelian Mata

Main games ini tidak ada bosan-bosannya lho. Bisa melatih kejelian mata, gerakan koordinasi antar tangan. Bolanya juga bisa diganti dengan klik mouse kiri-kanan, disesuaikan dengan bola yang datang.
Easy Going Games Full Fun

Sungguh menyenangkan bukan, bermain games di plays.org yang memang menyediakan ratusan permainan. Uniknya lagi akan ada game baru yang terus ditambahkan ke situs plays.org tiap harinya. Bisa dilihat kok biasanya dua post paling atas adalah games baru yang bisa dimainkan. Wih, seru banget kan tiada hari tanpa melewatkan main games di plays.org.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)