25 Des 2022

Sebaiknya Jangan Main HP Sambil Tiduran Ya, Nak !

Sebaiknya Jangan Main HP Sambil Tiduran Ya Nak
Kurang baik tentunya main HP sambil tiduran / rebahan ya, anak-anakku sayang
Credit : Isotox

Musim liburan sekolah sudah dinantikan. Termasuk sinokku yang excited bertemu dengan beberapa sepupunya ketika berkumpul di Semarang. Tidak hanya heboh penuh gelak canda tawa, ramai-ramai mabar alias main bareng game hape juga tidak ketinggalan. Yaa anak-anak itu bawaannya ngegames melulu, tiada hari tanpa main hape (HP).

Bukannya saya orang yang jahat pengin melarang anak bermain hape. Melainkan ingin anak-anak memanfaatkan liburan  dengan aktifitas yang menyenangkan. Entah itu membuat cemilan ringan, bersepeda, bernyanyi atau apalah yang penting bukan hapenan hingga berjam-jam lamanya.

Apalagi jika  main hapenya sambil rebahan atau tiduran. Itu sih yang sering saya  lihat saat tahu mereka lagi main HP sambil rebahan di kasur. Bahkan ada yang sampai dengsn santainya mengangkat tangannya sampai setinggi mungkin. Mungkin bagi mereka kebiasaan bermain HP dengan tiduran sangat nyaman. Sudah pe we ... Istilahnya posisi wuenaakk. Jadi mager kalau disuruh bermain HP dengan posisi duduk.

Suami saya terkadang sampai gusar jika melihat putri yang disayanginya begitu tidak mengindahkan nasehatnya untuk bermain HP secara benar. Kebanyakan melihat putrinya sering bermain HP dengan rebahan. Tujuan orangtua sebenarnya baik, sayang terkadang tidak sesuai dengan pemandangan anak. 

Alasan Jangan Main HP sambil Tiduran

Tahu gak sih kalian sobs Omtiks banyak hal buruk yang terjadi jika nekad dengan kebiasaan main HP sambil rebahan atau tiduran. Selain otot tangan lekas capek pegal-pegal begitu pula dengan siku dan pundak tangan.

Akibat lainnya yang bisa merugikan seperti anak bisa lupa waktu bahkan lupa jam tidur. Jika tidak diingatkan secara tegas bisa-bisa kebiasaan yang kurang baik bisa mempengaruhi kesehatan tubuh.

Perlu diketahui ya sobs Omtiks pemakaian HP yang tidak terkontrol atau berlebihan beresiko bahaya. Mengingat ponsel yang digunakan sehari-hari itu terdapat BLUE LIGHT . Sinar biru yang bisa berefek buruk pada kesehatan. Semisal gangguan pola tidur dan beberapa penyakit lainnya. Diantaranya seperti :

1.Penurunan Produksi Hormon Melatonin

Hormon melatonin ini yang mengatur siklus tidur dalam tubuh. Jika terjadi gangguan ritme pola tidur akan menimbulkan penyakit lainnya seperti depresi, obesitas sehingga gangguan bipolar.

2.Kerusakan Retina Mata

Paparan akan piranti lunak seperti HP jika dibiarkan terus menerus beresiko menimbulkan gangguan pada organ mata. Kemungkinan bisa terkena glaukoma, gangguan makula degeneratif seperti bisa alami kemampuan melihat. Wuih lumayan mengerikan kan.

3.Kelelahan Otot Mata

Belum banyak yang menyadari bermain HP berlebihan bisa juga bereiko otot mata lelah. Kondisi kelelahan otot mata ini sering disebut Digital Eye Strain yang sering memengaruhi aktifitas kita. Gejalanya seperti pusing, susah fokus, pandangan kabur, iritasi, mata kering, sakit kepala.

Kesannya sepele namun dampaknya begitu laur biasa sekali. Makanya saya selaku mamak tidak capek terus mengingatkan sinok untuk berhati-hati dalam memanfaatkan teknologi HP.

Ada info penting juga nih yang saya peroleh dari dr. Tirta yang viral di sosmed. Main HP sambil rebahan/ tiduran jika dibiarkan berlanjut terus dalam jangka waktu 10 tahun bisa menjadikan tulang leher belakang sakit nyeri dan hancur. Bahkan cedera yang didapatkan seperti otot atlas kejepit serta migrain berkepanjangan. Catet nih.

Belum lagi cahaya kuat saat terpapar langsung dengan ponsel juga tidak serta merta menguap begitu saja. Lantaran pada sensor cahaya di retina mata tetap menyala. Meski kita langsung tidur sehabis memakai HP, kemungkinan sensor cahaya di retina tadi malah membawa ke mimpi , bukannya DEEP SLEEP. Sehingga bangun tidur  terasa berat, tidak nyaman, tidur kurang nyenyak dsb.

Tapi jangan takut ya sobat Omtiks ada kok cara mengantisipasi agar anak bisa bermain HP dengan bijak yakni nasehati anak untuk main HP yang benar adalah dengan duduk. Alangkah lebih baiknya bisa mematikan HP 1 jam lamanya sebelum tidur. Dengan sering membiasakan hal l-hal baik ini anak belajar lebih peduli akan kesehatan yang utama daripada kesenangan.

Semoga anjuran jangan main HP sambil tiduran ini bisa diterima dengan baik oleh kita semua ya sobat Omtiks.


Keep Happy Blogging 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)