18 Des 2022

Jangan Abaikan Sejuta Manfaat Memeluk Anak


Jangan Abaikan Sejuta Manfaat Memeluk Anak
Betapa  hangat dan nyamannya anak dalam pelukan orang tua
Credit: pixbay.com
Masih ingat gak sobat Omtiks, biasanya seorang anak yang lagi muram atau menangis akan lari mencari pelukan entah itu bunda atau ayahnya. Selain mereka merasa nyaman terlindungi, efek memeluk satu sama lain itu memberikan banyak manfaat loh.

So simak saja postingan di berikut ini Jangan Abaikan  Sejuta Manfaat Memeluk Anak yang bisa menambah masukan positif bagi orang tua di manapun untuk lebih peduli yaa.

✓ bisa terhindar dari rasa emosi / stres 

Pelukan hangat orangtua seperti ayah dan bunda akan memberikan rasa nyaman sehingga anak bisa terhindar dari tantrum atau rasa emosi. Saya pun pernah mempraktekkan saat si kecil menangis rewel, sigap saya datangi dan peluk penuh rasa sayang sehingga tangisnya mereda. Lambat laun rautnya penuh binar-binar keceriaan.

✓ Meningkatkan rasa Pede 

Kebiasaan baik untuk sering memberikan pelukan hangat di situasi apapun juga bisa menumbuhkan rasa Pede alias percaya diri pada anak. Seiring tumbuh kembangnya anak akan memiliki rasa optimis dan percaya diri lebih baik.

✓ Membentuk Kedisiplinan 

Keuntungan lainnya jika anak sering diberikan pelukan hangat juga bisa membentuk kedisiplinan diri sendiri. Hal ini bisa terlihat saat anak bisa menunjukkan hal sederhana semisal cuci tangan dan kaki setelah beraktivitas dari luar.

✓Membangun Kepercayaan Terhadap orang tua 

Jika orangtua sudah membiasakan untuk lebih memerhatikan si kecil  dari hal yang sepele tentunya akan memberikan dampak baik. Anak menjadi lebih dekat dan akrab dan merasa bentuk perhatian yang cukup dari orangtuanya. Sehingga membangun rasa kepercayaan terhadap orangtua.

✓Tumbuh sebagai sosok penyayang 

Umumnya anak yang hidup di lingkungan keluarga yang harmonis salah satunya sering mendapatkan pelukan hangat setidaknya menberikan pengalaman hidup yang nyaman dan bahagia. Hal itu yang membuat anak bisa tumbuh sebagai sosok penyayang.

✓ Menguatkan Sistim imun tubuh 

Percaya kan anak yang tumbuh bahagia akan membantu membangun sel-sel tumbuh kembangnya lebih baik. Apalagi anak merasa diperhatikan dan disayangi dengan adanya pelukan hangat dari orang tuanya. Sehingga anak tidak rentan sakit karena memiliki kekebalan tubuh yang baik.

✓Membantu meredakan nyeri 

Jadi inget nih di masa kecil, pernah mengalami luka bakar tersenggol knalpot motor. Jangan ditanya rasa perih dan nyerinya yang luar biasa. Sudah diobati dengan krim nyeri tetap terasa sakit. Namun saat dipeluk seketika sama Mama ...ajaib rasa nyeri menguap entah kemana . Hehehe

✓ Memperbaiki Pola Tidur 

Manfaat penting lainnya jika anak sering mendapat pelukan yakni anak merasakan rasa damai, nyaman, sekaligus disayangi oleh orang-orang di sekitarnya termasuk keluarganya sendiri. Rasa nyaman tersebut mendorong ritme pola tidur anak lebih baik.

✓Melancarkan Metabolisme Tubuh 

Pelukan hangat dari kedua orang tua akan dirasakan oleh anak sebagai bentuk perwujudan kasih sayang setulus hati. Sehingga memberikan rasa bahagia hidup bersama keluarga. Hal ini juga yang turut melancarkan metabolisme tubuh anak lhoo sobat Omtiks.

✓Mempererat Bounding dengan Anak 

Jangan sampai sia-siakan kesempatan untuk selalu memperhatikan anak ya sobat Omtiks. Biasanya nih banyak diantaranya orang tua sibuk lantas mempercayakan kepada pengasuh atau orang lain. Mohon luangkan waktu beberapa menit itu sudah lebih dari cukup anak bisa merasakan ikatan bounding yang kuat. Berikan pelukan hangat sekedar memberikan kepedulian dan rasa kasih sayang. Tentunya anak akan merasakan dan memberikan timbal balik yang luar biasa.

Semoga saja isi postingan jangan abaikan sejuta manfaat memeluk anak bisa jadi masukan ya g berarti untuk semua sobat pembaca  Omtiks yaa.


Keep Happy Blogging 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)