12 Mar 2023

Kepoin Yuk Makanan dan Minuman Favorit Ala Keluarga Jelang Puasa Ramadan

Siapa nih yang sudah menyiapkan menu makanan minuman favorit saat puasa Ramadan 
credit :pixbay.com

Huraay anak-anak sontak bergembira mana kala tahu sebentar lagi memasuki puasa ramadan. Apalagi akan ada banyak sajian makanan dan minuman favorit ala keluarga tiap tahunnya khusus menyambut pekan puasa Ramadan.

Hiruk pikuk kegiatan yang dilakukan dalam menyambut bulan puasa Ramadan memang terasa istimewa. Euforianya sudah menguar sejak beberapa hari diantaranya beberes isi rumah,  memperbaharui cat dinding rumah, membersihkan tanaman dan area halaman rumah. Tidak ketinggalan saya dan tentunya beberapa mamak lainnya akan sibuk dengan persiapan menu masakan puasa.

Jika ditanya detail menu makanan dan minuman apa saja yang bakalan saya sajikan dalam menyambut bulan puasa Ramadan nanti ?  Kalau saya sih sudah mantap terus menghidangkan menu khas yang disukai keluarga kecil saya tiap tahunnya. Tidak perlu harus MEWAH dan MAHAL menyambut momen spesial puasa. Melainkan menu makanan serta minuman yang diyakini bisa membantu proses pencernaan tetap baik, sehat dan digemari dalam keluarga.

Sajian Makanan dan Minuman Favorit Untuk puasa Ramadan

Cemilan ringan yang biasanya saya buat dan tidak pernah ada kata bosan untuk makanan gorengan satu ini.   

Rolade Daun Singkong 
Makanan Minuman Favorit Puasa Ramadan
Rolade Tahu Daun Singkong
credit : Google

Cemilan yang penampakkannya seperti rolade ini memang sering saya bikin jadi gorengan yang praktis nan menyehatkan. Gimana tidak sehat di dalamnya terdapat campuran sayuran berupa daun singkong dan telur sebagai perekat adonan rolade berbentuk bola-bola.
Cara memasaknya sangat mudah, biaya bahan bakunya cukup terjangkau dan pastimya semua anggota keluarga sangat menggemari cemilan rolade tahu daun singkong ini.

Nih resep sederhana Rolade Tahu Daun Singkong yang nikmat

Bahan :
250 gr daun singkong rebus 
8 buah tahu putih
1 butir telor ayam
1 sdt tepung maizena

Bumbu Halus :
1 sdm kaldu ayam bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
3 butir bawang putih tanggung 

Bahan adonan Pencelup
4 bks tepung bumbu siap pakai
secukupnya air matang

Cara Membuat

Langkah 1
Siapkan bahan-bahannya. 
Saya biasa beli daun singkong  yang sudah rebusan di pasar sebanyak 2 bungkus. Per bungkusnya isi 2 buah daun singkong seharga @2500.
Lalu saya cuci bersih dan rebus kembali hingga daun empuk, tiriskan, peras airnya dan potong-potong. 
Sambil menunggu daun singkong direbus tadi saya memeras tahu dengan kain bersih. Agar tahu menjadi kesat tidak terlalu banyak air. Sambil diperas airnya, lumatkan tahu hingga halus. Sisihkan sebentar.

Setelah itu masukkan bumbu yang telah dihaluskan dengan tahu yang telah dilumatkan halus, bersama telor ayam dan tepung maizena. Aduk semua bumbu dan bahan tahu tadi hingga merata.

Langkah 2
Masukkan daun singkong, aduk hingga tercampur merata, kemudian ambil adonan secukupnya dan bentuk menyerupai bola (besar kecilnya sesuai selera ya), ulangi hingga adonan habis.

Langkah 3
Siapkan panci kukusan untuk mengukus rolade bola tahu daun singkong tadi selama 15 menit. Agar adonan rolade tahu bisa lebih padat dan tidak mudah basi.

Langkah 4
Siapkan bahan adonan pencelup: saya pakai tepung bumbu siap pakai, tuang tepung bumbu dalam wadah, beri air secukupnya hingga adonan agak kental dan tidak encer. Masukkan rolade dan baluri dengan adonan tepung.

Langkah 5
Panaskan minyak dengan api sedang cenderung kecil, goreng rolade hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Rolade Tahu Daun Singkong siap disajikan hangat-hangat untuk cemilan teman minum teh atau kopi. 

Setup KOLAK 
Makanan Minuman Favorit Puasa Ramadan1
Hidangan minuman Setup Kolak ala rumahan 

Ada juga nih untuk minuman favoritnya yang sengaja dibikin khusus menyambut puasa ramadan yakni minuman Setup Kolak yang super yummy dan menyegarkan. Bisa disajikan dalam keadaan hangat ataupun dingin, sesuai dengan selera sobat Omtiks deh.

Tahu gak sih perbedaannya setup kolak dengan kolak pisang. Sama-sama berlabel KOLAK, dengan komponen yang sama yakni buah pisang. Kalau maunya yang seger-seger tentunya milih setup kolak deh. Tanpa dilengkapi dengan santan, sensasi setup kolak lebih mantap jika disajikan secara dingin. Sedangkan kolak pisang lainnya memang ada kandungan santan kelapa yang memberikan aroma gurih-gurih sedap.

Berikut ini resep praktis Setup Kolak ala rumah saya ya sobat Omtiks :

Bahan Setup Kolak :
✓8 buah pisang kepok, buah pisang bisa sesuai selera ya 
✓kolang-kaling (optional)
✓Buah nanas (optional)
✓700 ml air
✓250 gr gula jawa, saya lebih suka dengan gula Jawa karena memberi tektur warna dan rasa khas
✓ 3 lembar daun pandan
✓ 3 buah kayu manis
✓ 2-3 biji cengkih

Cara Membuat

Rebus air terlebih dulu hingga mendidih. Lalu masukkan pisang dan bahan lainnya secara bersamaan. Aduk semua hingga merata.

Masak setup kolak selama kurang lebih 8-10 menit ,setelah tercium aroma wangi semerbak baru diangkat. Kuah setup kolak bisa dinikmati hangat atau dinginkan dalam kulkas selama 1 jam. 

Dijamin nih makanan dan minuman selalu jadi favorit keluarga saya jelang puasa ramadan. Selain ada cemilan ringan dan minuman penyegar berbuka puasa ada menu lain yang khusus disiapkan dalam menyambut bulan puasa.

Tantangan saya sebagai Mamak supaya  semua anggota keluarga bersemangat menjalankan ibadah puasa dengan  khidmat  tentunya harus  bisa menyajikan menu puasa yang baik dan seimbang dalam tiap menunya.

Apalagi jika menjalani awal puasa yang mungkin terasa berat bagi anak-anak untuk bangun sahur lalu makan. Sebagian ada yang lebih memilih untuk konsumsi makanan praktis seperti roti isi dan minum susu ketimbang makanan berat seperti nasi beserta lauk pauknya.

Jadi saya mau berbagi saja sobat Omtiks sajian makanan simpel yang saya siapkan jauh hari menyambut puasa pertama kalinya.

Kenapa saya katakan ini cukup praktis banget lantaran menu masakannya bisa dimakan baik untuk sahur maupun berbuka.

Daging Sapi Bumbu Kelem

Daging Sapi Bumbu Kelem Favorit Keluarga 

Anak-anak sih seringnya menyebut menu Daging Kelem ini dengan rendang Jawa. Rasanya yang khas legit gurih manis membuat bocil lahap menyantap makanan. Pastinya porsi minta terus bertambah hehe.

Resep Daging Sapi Kelem:

1 kg daging sapi 
1 ruas jahe
1 ruas Laos 
1 sdt tepung maizena
1 bungkus merica 
1 bungkus santan instan
1 sdt ketumbar
3 lembar daun salam
200 gram gula Jawa
Garam secukupnya 
1/2 sdm air asam
Bumbu Halus :
10 bawang merah
10 bawang putih
 
Cara Membuat 

✓Rebus daging hingga empuk, bisa juga dengan panci presto selama 20 menit. Tiriskan dagingnya. Sisihkan.
✓Tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah harum masukan semua bahan tadi. Tambahkan air secukupnya.
✓ Masak dengan api kecil selama 1/2 jam ya. Waktu masaknya mulai terhitung sejak air mulai mendidih.

Nah gimana nih sobat Omtiks dengan persiapan kalian semua apa sudah terpikirkan mulai sekarang apa saja makanan dan minuman favorit jelang bulan puasa Ramadan nanti. Silakan tinggalkan komen di bawah ini ya.

Keep Happy Blogging 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)