13 Jun 2023

Yuk Main "Money Games" Yang Sarat Manfaat

 

Yuk Main "Money Games" Yang Sarat Manfaat
Ternyata seru juga bermain Money Games
Dokpri: omahantik.com

Gak nyangka ya sobats Omtiks, bermain Money Game sarat manfaat juga lho. Money Game atau kadang disebut juga dengan game keuangan ini justru bisa memberikan pengalaman baru tentang konsep uang. Tidak menjadi soal mengenalkan konsep keuangan pada anak sedari kecil. Meskipun masih ada yang berpikiran belum waktunya anak kecil mengenal duit.

Jangan sampai ada ya kejadian anak yang belum mengenal uang sama sekali dengan santuy nya malah memberikan sedekah uang kepada pengemis jalanan gak kepalang tanggung. Mungkin berdasarkan rasa iba, maksut hati ingin memberi bantuan tidak seberapa eh malah keliru memberikan uang. Bukannya 5 ribu perak eh malahan 50 ribu. Sontak bikin si Mamak saya mengejar kembali uang belanjaannya. Itu kejadian menggelikan di masa lalu saya yang memang buta nominal uang. Jangan ditiru ya !!!

Gak dipungkiri juga bermain game bisa jadi salah satu media menyenangkan untuk belajar. Banyak ragam pilihan game yang tersebar saat  ini diantaranya ada game matematika, game berwarna, game belajar bahasa asing hingga game keuangan.

Bahkan dengan bermain game juga bisa menginspirasi anak menjadi lebih persisten. Katakanlah ngegame bisa jadi suatu tantangan yang harus ditaklukan buatnya. Melalalui pelbagai rintangan mendorong anak terus mencoba berulang kali hingga berhasil.Ini menjadikan anak bisa terus persisten dalam tryout dari kesalahan yang ada.

Maka bisa dikatakan main games bisa memberikan dampak positif. Anak belajar bertanggung jawab keuangan, punya kedisiplinan dan kebiasaan baik mengelola uang. Setidaknya orang tua memperhatikan hal-hal berikut :

√ Kenalkan tentang alat pembayaran

Dengan sering membiasakan anak memahami mata uang kertas dan koin. Sehingga mereka paham tentang demonisi yang berbeda. Bisa kenalkan uang elektronik seperti Gopay, OVO , ATM mau pun kartu kredit.

√  Belajar pengalaman
Memberikan uang saku dalam jumlah yang sesuai akan mendorong anak bertanggungjawab atas keputusannya memanfaatkan uang saku.Jika semisalnya anak mengalami uang hilang, anggap saja itu bagian dari pengalaman yang berharga.

√  Reward
Memberikan reward terhadap si kecil menjadi bentuk apresiasi tersendiri. Diharapkan anak bisa belajar lebih baik dalam mengelola uangnya. Rewardnya bosa berupa hal yang sederhana namun mengesankan semisal tawaran pergi berenang,  cerita pengantar tidur,atau main outbond bersama.

√  Ajak main games
Salah satu hal menyenangkan yang tetap membekas di ingatan saya ketika kecil, sering diajak main games. Sebenarnya saya kurang paham jenis gamesnua, namun dengar backsound dan gambarnya sudah hepi banget. Seru sih, main gamesnya!!!

Money Games so have fun !

Jadi teringat kembali masa kecil di mana ada permainan simpel  yakni permainan peran jual-beli seperti PASARAN dan monopoli. Pokoknya bikin semua anak antusias bermain. Serunya sih karena dalam permainannya juga ada koin sebagai pendukung mainan yang berfokus pada keuangan. Asyik, kan ! 

Tapi seiring perkembangan jaman permainan yang dulu manual berubah mengikuti kemajuan jaman serba digital. Lebih mudah dan praktis tentunya. Coba deh ajak si kecil bermain konvensional pastilah mereka lebih memilih games di gadget. 

Buat sebagian generasi milenial cenderung menyukai games di screen layar bening nan cakep deh. Apalagi anak sekarang bebas gaptek sehingga kebanyakan mereka lebih cepat beradaptasi dan menerima kemajuan informasi. Makanya saya tidak mau ketinggalan bersaing dengan Sinok yang lebih uptodate apapun berkaitan dengan internet. 

Kebetulan nih saya ada rekomendasi game online yang ramah untuk anak. Ada di website www.mortgagecalculator.org bisa menemukan beragam Free Money Games yang menarik untuk anak. Gak perlu kuatir kehabisan kuota karena money games di situs tersebut bisa langsung dimainkan tanpa WAJIB menginstal aplikasinya terlebih dulu, Nih dia yang menyenangkan sobat Omtiks bisa sepuasnya menjelajahi beragam mainan ada permainan Money Games, Food Business Simulation Games, Real Estate Games dan lain lain. 

Yang langsung saya coba mainkan dengan sinok, putri saya yang getol main online di website, diantaranya 

CASH BACK

Yuk main money games yang sarat manfaat1
Belajar berhitung sekaligus mengasah kemampuan matematika
(https://www.mortgagecalculator.org/) Ya ya gak di

Permainan money games CASH BACK ini lumayan mengasyikkan. Apalagi dimainkan bersama-sama anak. Dimana dalam permainan ini pemain diminta teliti berhitung dan memberikan sisa kembalian yang benar terhadap customernya baik menggunakan uang kertas dan koin.

 
Yuk main money games yang sarat manfaat2
Tampilan Menarik dari game CASH BACK
(https://www.mortgagecalculator.org/)

Cara permainan CASH BACK begitu mudah dan so have fun. Ikuti alurnya berikut ini ya :

√ Sebaiknya lihat cara tutorialnya terlebih dulu atau kalau sudah yakin bisa langsung pilih BERMAIN.

√ Pilih pengaturan yang ingin dimainkan seperti mengatur tingkat kesulitan mulai dari level mudah,sedang, hingga sukar.

√ Bisa pilihan tagihan koin yang dibutuhkan untuk memulai penghitungan dengan benar jumlah pelanggan.

√ Ketuk Tombol Perubahan . Dengan menjawab pertanyaan sebanyak mungkin dengan benar hingga tempo waktu habis.

√ pemain bisa menjawab dengan berbagai kombinasi uang yang berbeda selama jumlah total terakhir sesuai dengan perubahan yang jatuh tempo.ya


 TREZE COINS 

Yuk main money games yang sarat manfaat3
Serunya  Game TREZE COINS
(https://www.mortgagecalculator.org/)

Permainan TREZE COINS juga cukup mudah sekali bahkan bisaa dimainkan buat anak-anak kecil usia sekolah dasar.  Dalam permainannya anak-anak diminta lebih cermat dan jeli dalam memilih koin sesuai dengan jumlah uang. Bahagianya anak belajar tentang penambahan uang dengan memasukkan koin yang sudah dipilih ke mesin Gum Ball.

Yuk Main Money Games Yang Sarat Manfaat9
Harus jeli bermain games yang sederhana ini
(https://www.mortgagecalculator.org/)

Cara permainan TREZE COINS sangatlah mudah. Perhatikan alurnya mainnya di bawah ini :

√ Pilih bahasa yang hendak dimainkan berdasarkan bendera negara yang biasanya dikaitkan dengan bahasa terkenal . Pilihannya ada Bahasa Sepanyol, Inggris, Perancis, Italia dan Portugis.

√ Pilih denominasi koin mana yang hendak digunakan. Ada tiga plihan yang ditawarkan yakni : 1,1 dan 10 atau 1,5 dan 10.

√ Perhatikan jumlah uang yang ditampilkan di atas layar dan klik koin dari area bawah untuk memasukakan koin yang jumlahnya harus sama dengan jumlah uang yang tertera tadi.

√ Jika kita sudah menghitung koin sesuai jumlah koin yang benar, langsung klik untuk menyetor koin pada mesin GumBall

√ Apabila terjadi kekeliruan, bisa TEKAN tanda X di bawah kotak penambahan koin.

 √ Bisa juga melakukan perubahan , terdapat KONVERTOR koin pada sudut kanan bawah. 

√ Permainan terus berlanjut dengan membeli Gum Balls hingga kehabisan uang

Sobat Omtiks penasaran gak buat mencobanya main bersama buah hati tercinta. Treze Coins ini begitu mudah kok memainkannya, bermodal KLIK jari saja koin yang dipilih bisa menyesuaikan instruksinya. Pokoknya jangan mau kalah bermain sama anak kecil. Itu saja keponakan saya dik Deannika kelas 2 SD,  piawai banget main di gadgetnya

  CHOCOLATE SHOP 

Yuk Main Money Games Yang Sarat Manfaat5
Serasa punya kedai sungguhan 
(https://www.mortgagecalculator.org/)

Seperti mimpi jadi kenyataan dalam permainan simulasi Toko makanan Coklat terdiri atas 10 tahapan berjangka yang terlibat bermain seperti layaknya pemilik kedai coklat yang begitu sibuk melayani para pembeli. Mulai menerima pesanan menu coklat, meracik coklat sesuai pesanan, memberikan pesanan coklat yang sudah matang hingga pembeli membayar lalu pulang dengan rasa puas.

Yuk Main Money Games Yang Sarat Manfaat7

Cara permainan Game Simulasi Chocolate Shop  sungguh menyenangkan. Sinok saja terus mengulangi permainan ini yang sama tiap harinya. Langsung perhatikan saja ya :

√ Bawakan menu ke para pelanggan yang datang. Tunggu sebentar apa yang mau dipesan akan ditunjukkan pada gelembung pemesanan. Sementara itu mereka dimohon sabar menunggu.

√  Pergi ke mesin panganan cokelat untuk diolah hingga matang sesuai jenis coklat yang dipesan.

√ Jangan lupa antarkan pesanan coklat yang sudah jadi agar bisa menyelesaikan pesanan yang lain

√ Kadang-kadang kinerja pemain jadi lambat, namun itu bisa diatasi dengan meminum kopi

√ Kumpulkan juga hasil pembayaran pembeli agar bisa menyelesaikan transaksi

√ Pemain harus bisa mencapai target agar bisa melanjutkan level sebelum waktu habis

√  Ternyata ada pembeli bisa memesan lewat telepon, pemesanan coklat lewat telpon berbeda dengan pembeli yang datang ke kedai bisa menampilkan tingkat kesabaran tiap pembeli.

√ Pemain pada level advance harus bisa meningktkan kemampuan melayani pembelinya termasuk menyiapkan kado panganan coklat yang dikemas cantik.

√ Pemain bisa merencanakan upgrade mesin yang baru lantaran dapat membuat 2 produk sekaligus dibandingkan mesin sebelumnya cuma mampu menangani 1 produk,

Yess! Gak ada salahnya ya sobat Omtiks Yuk main money games yang sarat manfaat bersama anak. Gamesnya juga tidak repot diunduh dan instal malahan kita semua bisa langsung main di situs webnya secara online.

Tunggu apalagi, yuk mainkan Money Games yang sarat manfaat sekarang juga. Sebentar lagi kan, liburan akhir sekolah. Bisa dimanfatkan kumpul bersama saudara keluarga besar tercinta !

Keep Happy Blogging

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)