23 Jul 2023

Semangati Anak Sambut Ajaran Sekolah Yang Baru

Semangati Anak Sambut Ajaran Sekolah Yang Baru.jpg
Saatnya kembali semangat bersekolah
credit by Pixbay.com

Hayoo Ayahbunda terus semangati anak sambut ajaran sekolah yang baru ya. Setidaknya anak merasa euforia untuk kembali menjalani aktifitas kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah. Waktu KBM yang sebagian besar memang dihabiskan di lingkungan sekolah.

Untuk sementara waktu ini kegiatan di sekolah yang baru berjalan seminggu masih berorientasi pada masa pengenalan lingkungan siswa baru dan juga persiapan acara kemah Pramuka bulan Agustus. Belum ada KBM sepenuhnya dalam kelas sambil menunggu pembagian buku paket maupun LKS.

Mungkin diantara waktu itu ada sebagian anak yang merasa kurang nyaman untuk kembali konsentrasi KBM sekolah. Bahkan ada yang susah dibangunkan pagi hari. Ada yang badmood untuk berangkat sekolah dan sebagainya. Kita sebagai orangtua kudu bijak menyikapinya.

Apalagi selama liburan dua mingguan ini dihabiskan untuk berlibur sekejap dan bermain sepuasnya tanpa harus pusing memikirkan belajar. Benar begitu,kan sobat Omtiks. Contoh ringannya nih ya putri saya, Sinok hampir tiap hari lengket dengan ponsel kecilnya mengakses Roblox Games. Katanya dia berkeinginan menjadi seorang Gamer. Amin amin amin saya aminkan doa terbaik ya, sinokku sayang!

Harus diakui nih sobat Omtiks jadi tantangan tersendiri gimana caranya agak anak bisa termotivasi belajar lagi di sekolah. Kemungkinan kecil ada yang butuh adaptasi untuk bisa kembali ke rutinitas sekolah. Libur semester sudah berakhir, saatnya bersiap konsentrasi belajar di sekolah dari pagi hingga siang hari.

Nah orangtua harus siaga menyiapkan segala perlengkapan maupun kebutuhan yang utama pada ajaran baru sekolah. Tidak ketinggalan perhatikan juga masalah kesehatan anak. Semoga saja dukungan penuh orang tua dalam menyiapkan anak kembali ke KBM sekolah menjadi motivasi dan moodbooster baik. Berikut ini yang bisa orang tua lakukan :

Tidur lebih awal

Biasanya waktu liburan jam tidur lebih bebas karena tidak ada beban untuk berangkat pagi. Namun jika anak sudah disiplin untuk jam tidur lebih awal akan memudahkan anak menjalani hari pertamanya masuk sekolah. Selain itu datang ke sekolah lebih awal akan membuat anak bisa menyesuaikan dirinya lagi dengan lingkungan dan teman-temannya di sekolah setelah libur panjang. Ingat ya sobat Omtiks ternyata tidur yang cukup dan berkualitas bisa menjaga kesehatan anak lho !

Harus Sarapan Bergizi 

Perlu diingatkan juga betapa pentingnya memerhatikan sarapan atau makan pagi. Awal masuk sekolah memang dibutuhkan energi positip agar anak lebih bersemangat menjalani aktifitas KBM di sekolah. Oleh karena itu penting adanya asupan gizi pada sarapan pagi anak sebelum pergi ke sekolah. Jangan sampai anak berangkat sekolah dengan perut kosong yang nantinya malah merugikan diri tidak bisa konsentrasi dan semangat bersekolah.

Siap antar anak sekolah

Terlihat sepele namun sangat memberikan kesan berarti. Jika orangtua sempatkan waktu mengantar anak ke sekolah di hari pertamanya bisa jadi suatu dukungan positip anak dalam mengawali KBM di sekolah.

Interaksi sosial bersama

Cara sederhananya jika anak tampak enggan kembali masuk sekolah dengan mengingatkan lagi betapa asyiknya bermain dan bertemu dengan pelbagai teman di sekolah. Bahkan waktu terasa cepat berlalu jika sampai memanfaatkan waktu belajar dan bermain di sekolah sebaik mungkin.

Diajak Ngobrol Santai

Jika ada yang masih bersikeras malas tidak mau mengikuti awal KBM di sekolah, orangtua.bisa ajak ngobrol santai untuk menemukan solusi terbaiknya. Berkompromi dengan anak akan lebih baik dari pada membiarkan berlarut-larut.

Saling Sharing hal penting

Semoga orang tua bisa saling merangkul anaknya dengan baik serta sharing, diskusi bersama tentang pemahaman pentingnya pendidikan di sekolah. Menimba ilmu setinggi langit demi menggapai cita-cita luhur masa depan. Tentunya harus dimulai sejak sekarang dengan rajin belajar bersekolah.

Demikian sedikit sharing postingan upaya orang tua memotivasi anak dalam persiapan pertama masuk sekolah. Diharapkan hari pertama masuk sekolah menjadi hari yang membahagiakan penuh semangat. Yuk selaku semangati anak sambut ajaran sekolah yang baru ya.

Keep Happy Blogging 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)