2 Jul 2023

Ajarkan 5 Tips Mudah Ini Saat Anak Ingin Belajar Gitar


5 Tips Mudah Bermain Gitar Anak
Tips mudah untuk anak bermain gitar
credit : pixbay.com

Jadi kegiatan bermanfaat nih waktu liburan sekolah yang panjang dengan ajarkan 5 tips mudah ini saat anak ingin belajar gitar. Yups senada dengan sinok  yang sudah lama ingin serius belajar gitar. Namun terbentur rutinitas hariannya yang full padat merayap.

Lumayan panjang liburan kenaikan kelas hingga bisa dimanfaatkan dengan beragam kegiatan menyenangkan selain berekreasi ke tempat wisata lain. Pilihannya jatuh pada keinginan mempelajari alat musik baru yang beda dari yang lainnya. Ada beberapa pilihan alat musik, seruling, harmonika, drum, piano, biola. Namun tidak ada satupun alat yang dimiliki. Kecuali satu ini, yakni gitar. 

Gitar lungsuran dari Babe terbilang cukup bagus dan masih bisa digunakan baik.  Gitar berbodi kayu memang kerap dimainkan Babe, genjrang genjreng sendiri dikala sepi menyerang (maklum rumah sepi lantaran anak-anak punya kegiatan masing-masing). Tak ayal si Babe semangat gitar membunuh kesunyian. Hehehe !

Kegiatan bermusik positif

Terus terang saya sangat mendukung sinok untuk belajar menguasai alat musik sejak belia. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika anak bisa belajar menguasai alat musik sesuai pilihannya. 

Apalagi ada testimoni dari seorang dosen Psikologi Judith Okley dari Universitas Nopler mengatakan jika kegiatan bermusik positif atau kegiatan Mentally Challenge seperti belajar akan alat musik yang baru akan mendorong saya pikir seorang anak lebih kreatif. Catat ya !

Keuntungan yang diperoleh jika anak menguasai alat musik  diantaranya: 
  • Memiliki daya pikir yang lebih tajam nantinya saat ia beranjak besar
  • Menumbuhkan rasa kepercayaan diri yang lebih baik
  • Meningkatkan akan social skillnya 
  • Menstimulasi syarat motorik anak lebih aktif dan melatih kemampuan konsentrasi lebih baik.
Wah ternyata banyak sekali efek positifnya ya sobat Omtiks dengan begitu sebagai orangtua harus terus mendukung serta menyemangati anak untuk mencoba belajar sesuai minat dan bakat. Jangan sesekali ada ujaran yang menjadikan anak malah putus di tengah jalan sebelum usahanya berhasil.

Hampir sama dengan sinok nih yang tetiba antusias sekali untuk bisa belajar main gitar. Akh jangan-jangan gegara keseringan lihat si Babe piawai memetik dawai gitar, dia jadi terinspirasi ya Nok ?!? 

5 Tips Mudah Bermain Gitar
Sementara ini dia masih tertarik untuk belajar otodidak didampingi si Babe. Belum terpikir sama sekali untuk mengambil kursus belajar di kursus musik. Ada sih sebenernya, namun harus ada budget tersendiri jika memang serius belajar bermusik dan tentunya akan mendapat keterangan sertifikat musik .

Tidak menjadi soal, untuk awalan pertama kalinya belajar sendiri di rumah bisa dengan menerapkan 5 tips mudah berikut ini jika anak mau belajar gitar.

1. Tahu posisi bermain gitar yang benar 
Penting banget yang baru pertama kali belajar gitar setidaknya harus tahu posisi yang benar. Jika anak bisa memegang gitar secara pas dan nyaman tentunya memudahkan belajar main gitar sebagai pemula.
 
2. Tahu memegang gitar yang pas
Bisa diibaratkan seperti menggenggam sebuah botol dengan posisi ibu jari berada diatas. Dengan begitu akan lebih fleksibel dalam pergeseran / pergerakan .
5 Tips Mudah Bermain Gitar Anak1
Perhatikan memegang gitar yang pas
dokpri : omahantik.com

Jika tidak terbiasa memposisikan jari seperti di atas tadi akan terasa kaku dan terkadang cepat lelah. Bukannya rileks santai justru malah berasa tegang susah melenturkan jari jemari.

3. Pelajari kunci/chord dasar
Mungkin pada awalnya terlihat susah. Namun jika dipelajari sungguh-sungguh menghafal kunci dasar bermain gitar (A, Am, B, BM, D, DM, E, Em, C dan G) lebih membantu proses bermain gitar lebih mudah. Untuk pemula bisa memulai belajar salah satu lagu dengan kunci dasar mudah seperti C atau kunci G.

4. Pelajari memetik gitar
Dalam mempelajari gitar terdapat 2 tehnik di dalamnya yakni struming atau genjrang genjreng dan petikan. Untuk pemula yang baru belajar disarankan untuk berlatih pola yang sederhana. Misal cukup genjreng ke atas sekali dan genjreng ke bawah juga sekali. Yang penting saat berlatih Struming ada pada temponya.

5. Rajin latihan gitar
Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Dalam artian jika mau terus rajin berlatih belajar gitar akan memberikan kemajuan. Semakin sering berlatih setidaknya bisa lebih mahir memainkan lagi. Benar begitu, kan.

Nah tunggu apalagi sobat Omtiks jika anak-anak ingin belajar hal baru terutama belajar gitar gak ada salahnya ajarkan 5 tips mudah ini saat anak ingin belajar gitar.
Boleh juga share pengalaman lainnya ya sobat Omtiks yang sudah bisa menerapkan cara mudah anak berlatih alat musik.

Keep Happy Blogging 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)