17 Agu 2019

Anak Tumbuh Sehat dan Cerdas Bersama Grow Happy Parenting

Anak Cerdas dan Sehat Bersama Grow  Happy Parenting
My sunshine always SMILE (dokpri:omahantik.com)
Beberapa hari ini banyak anaknya teman sekolah ataupun saudara dekat yang rentan terjangkit sakit. Diantaranya dari sakit demam biasa, bapil alias batuk pilek sampai yang tipes. Jadi sedih deh kalau mendengar berita kurang menyenangkan tersebut.

Belum lagi jika putri kenes saya , Cielo sakit radang duh rasanya ikut-ikutan melow banget. Buat bergerak main aja lunglai lemes apalagi untuk mengasup makanan/minuman jadi serba tidak enak. Badmood seharian!

Catatan penting nih buat saya sebagai ortunya untuk selalu perhatian menjaga kesehatan tubuhnya supaya imun tubuh lebih kuat melawan kuman penyakit. Jika sampai daya tahan tubuhnya lemah maka tubuh rentan jatuh sakit dan efeknya merugikan anak.  Sehingga apapun aktifas menurun  bahkan keceriaan senyum memudar.

Nah bagaimana agar semua teratasi tubuh kembang anak secara optimal baik ? Yuk ikuti tips parenting bermanfaat yang saya pada even  Nestle LACTOGROW  "Dukung Kesehatan dan Kebahagiaan Anak dengan  Pola Asuh Grow Happy"  di Semarang, 14 Agustus 2019.

Tema workshop  dari Nestle tahun ini sangatlah menarik diikuti. Taglinenya GROW HAPPY PARENTING, HAPPY FROM  THE INSIDE OUT siap roadshow 8 kota di Indonesia.  Mengajak para orangtua untuk terus mendukung  tumbuh kembang anak secara optimal. Tentunya tanpa mengabaikan pemenuhan akan kebutuhan gizi serta pengembangan kematangan emosi anak sejak belia.

Pencernaan  Anak Sehat dan Pintar
Penjelasan Dr anak tentang kesehatan saluran cerna (dokpri : omahantik.com)

Salah satu diantara upaya dalam mendukung  asupan kebutuhan gizi yang tepat adalah memastikan kesehatan akan sistem pencernaan si kecil.
Menurut Dokter spesialis anak, Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K) kesehatan saluran cerna anak harus dalam kondisi  sehat agar asupan makanan bergizi seimbang dan mengandung nutrisi seperti prebiotik lactobacillius bisa terserap lebih baik  oleh tubuh.

Anak rentan terkena  infeksi karena sistem pencernaan di dalamnya belum tumbuh optimal. Adapun  ciri-ciri usus anak kecil  :

  • Saluran cerna belumg 
  • Lapisan mukosa masih tipis 
  • Sistem kekebalan tubuh bayi belum berkembang dengan baik
Dihimbau penting sekali orang tua untuk cermat memperhatikan segala sesuatunya yang mendukung dalam tumbuh kembang  anak seperti makanan bergizi seimbang dan terdapat unsur nutrisi prebiotik. Bisa diberikan melalui susu atau makanan yang difermentasi seperti tempe, yoghurt, keffir.
Gak perlu repot atau pusing nih bagi orang tua langsung bisa melengkapi kebutuhan nutrisi anaknya di Nestle Lactogrow juga lho, karena dalam kemasan susunya sudah diperkaya banyak kalsium, 12 vitamin, minyak ikan, 7 mineral penting berikut kaya akan OMEGA 3 dan 6, tidak ketinggalan nutrisi prebiotik Lactobacillius reuters.

Thanks alot God, alhamdulillah banget! Dari sini saya bisa mendapat beragam informasi penting diaplikasikan dalam kehidupan sehari -hari. Belajar banyak tentang bakteri baik yang ternyata bermanfaat sekali .

Peran Bakteri Baik

  1. Bisa menjaga kekebalan tubuh
  2. Mencerna serat dan menghasilkan nutrisi yang mendukung kesehatan saluran cerna 
  3. Melindungi  dari serangan penyakit
  4. Mendukung kesehatan saluran cerna
  5. Melindungi usus dari mikroba/zat berbahaya lainnya
See, banyak sekali manfaatnya kan?

Kematangan Emosi dan kebahagiaan Anak

Psikolog Anak : Elizabeth Sentosa 
(dokpri omahantik.com)

Selain memerhatikan tentang asupan gizi  perlu juga orangtua support akan kematangan emosi anak. Diuraikan secara panjang lebar Psikologi anak yakni Elizabeth Santosa M.Psi,Psi,SFP, ACC  betapa pentingnya peranan kematangan emosi dan kebahagiaan seorang anak dalam tumbuh kembangnya.

Bagaimana Membesarkan Anak Agar Tumbuh Bahagia 
Saya rangkumkan keterangan beliau yang menjelaskan detail bagaimana membesarkan anak agar tumbuh bahagia sehari -hari nya .

1.Makan makanan bergizi  tepat waktu
Perlunya orangtua mengingat hal penting ini terutama dalam menerapkan kebiasan makan bergizi baik dan seimbang untuk pertumbuhan anak. Jangan selalu dibiasakan makan/jajan mudah saji semisal junk-food yang lagi kekinian. Orang tua harus siap jadi role mode terlebih dahulu.

2.Waktu bermain & eksplorasi

Meski terkesan sepele mengajak anak bermain sekaligus menjelajahi di luar rumah bisa menjadikan pengalaman seru dan bermanfaat. Secara tidak langsung melatih kognitif anak terasah sekaligus meningkatkan kebahagiaan.
Saya langsung praktekan nih sama putri saya sebelum sampai di tenpatnya latihan berenang. Saya tunjuk sekaligus saya lontarkan pertanyaan .

" Menurut adik sumber air yang layak dikonsumsi diminum yang bagaimana ? A. Airnya tampak jernih, B. Airnya tidak terdapat serangga"

Wow antusias sekali dia menjawab, A jawaban benar yang dipilihnya. 


3. Ekspressi emosi positif

Memberikan penjelasan sebagai penghiburan atau semangat terhadap anak sangat diperlukan. Dengan begitu anak merasa keberadaannya diperhatikan. Contoh sederhananya nih Cielo kadang nyeplos " Mom adik sedih nih, sampai finish terakhir sendiri "
Dengan perlahan saya jelaskan , "Teruslah giat berlatih renang dengan tehnik yang benar dan semangat ya dik. Rajin berlatih akan membuat gerakanmu lebih sempurna!"

4. Cukup waktu tidur 

Dengan waktu tidur yang berkualitas setidaknya akan memberikan sel-sel dalam tubuh anak berkembang lebih baik dan sempurna.

5. Berikan cinta tanpa syarat

Anak dengan sendirinya akan mengerti bahwa orangtuanya amat menyayangi. Baik lewat tatapan mata, belaian lembut tangan maupun tutur kata. Makanya usahakan sejak sekarang orangtua memberikan contoh yang baik sehingga memberikan panutan anak. Jika aura orangtua terlihat bahagia setidaknya membuat anak turut bahagia.

6. Antusiasme Saat Mendengar

Jangan sesekali abaikan anak saat meminta perhatian orangtua sekecil apapun. Belajar menjadi orangtua yang active listening saat anak membutuhkan. Sementara sisihkan kesibukan beberapa saat agar anak merasa dipedulikan.

Wuih super mantap sekali materi pengetahuan yang diperoleh hari ini, gak sabar banget pengin share ke banyak temen serta saudara lain.

Keep HAPPY Blogging

23 komentar:

  1. Terima kasih sudah berbagi materi dari acara keren ini, mba.. Jadi bisa ikut nyimak juga nih saya..

    BalasHapus
  2. terkadang nggak bisa menahna bakteri masuk ya karena nggak terlihat, tapi dengan aksiha supan juga bisa membuat daya tahan tubuh anak jadi kuat

    BalasHapus
  3. Seneng ya kalau punya anak-anak yang sehat dan bahagia...semoga anak-anak kita terus sehat dan gembira ya mbak amin

    BalasHapus
  4. Baru ngeh lho ternyata kesehatan saluran cerna itu efeknya gede banget pada kesehatan anak secara keseluruhan. Kudu memperhatikan hal ini deh ya para orang tua agar anaknya selalu sehat.

    BalasHapus
  5. Anak wedhoknya cantik banget, mbaaa.. Kalo liat wajah anak-anak gitu pasti pengennya ngasih yang terbaik. Walau kadang lupa masih kelepasan marah-marah, trus jadi sedih :(
    Semoga kita bisa menghebatkan anak-anak dengan bahagia ya!

    BalasHapus
  6. Hooh, Mbak. Hawanya tuh gimanaaaaa gitu, ya. Aku aja ini masih dopping air putih sama buah biar tetap strong.

    Soalnya, muridku juga banyak banget yang pada izin karena sakit. Per hari pasti ada 1 atau 2 anak yang nggak berangkat. Kan kalau sakit gitu jadi ketinggalan pelajaran. Sayang aja gitu.

    BalasHapus
  7. Bener banget ya, ibu yang bahagia bakal bikin anak-anak dan seluruh keluarga juga bahagia. Thanks sharingnya, Mbak... Jadi kangen ikut acara kece begini

    BalasHapus
  8. Benar tuh, asyik mengajak anak main-main di alam bebas, eksplorasi terus kita bercerita tentang alam, makin akrab dengan anak, nambah pengetahuan juga..

    BalasHapus
  9. Nutrisi anak asal tercukupi tentu gak bikin anak mudah terserang sakit pencernaan nya. Kandungan nutrisi lactogrow udah komplit, ada omega juga

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah memberikan kebahagiaan anak sudah sesuai poin poin ini
    cuma kadang untuk masalah makan dia masih milih
    jadi harus sesuai keinginannya
    semoga seiring waktu mau makan semua sayur dan ga milih milih lagi

    BalasHapus
  11. Terkadang poin no 6 banyak diabaikan oleh sebagian org ya kak, termasuk aku sendiri pernah merasa terabaikan oleh mamaku kala itu hehehe. Klo cinta yg terabaikan mah sering *eh wkwkwkj

    BalasHapus
  12. Ouw ouw, tipsnya emang cespleng banget ya Mbaaaa
    Super hepi kalo punya anak yg sehat, baik hati dan berprestasi
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  13. Berikan Cinta ini yang terkadang lalai mbak. Ada yang beranggapan dibelikan ini itu yang dia minta, sudah, anak pasti bahagia. Maish ada yang mengesampingkan komunikasi dan memberi perhatian.

    BalasHapus
  14. Menciptakan kebahagiaan anak memang dari hal kecil dulu, misalnya makanan. Kalau ibunya memberikan makanan kesukaannya yang sehat dan bergizi, maka hormon bahagiapun timbul.

    BalasHapus
  15. Orangtua memang harus super ketat dalam menjaga anak, apalagi urusan makanan. Salah kasih makanan dan lingkungan, tumbuh kembang anak malah terhambat. Jadi masalah, kan? Tipsnya bermanfaat sekali kak.

    BalasHapus
  16. Wah, bermanfaat sekali informasinya, memang anak - anak memang perlu waktu bermain dan eksplorasi, tetapi tetap dengan pengawasan orang tua.

    BalasHapus
  17. Penting banget ini Mba membuat anak happy. Padahal gak mahal juga sih. Tapi kudu tau ilmu parentingnya ya. Aku suka baca info kayak gini. Kadi semangat ngurusin anak

    BalasHapus
  18. Produk-produk nestle emang bagus mba hehe aku di rumah banyak konsumi produk2 mereka. Apalagi seral sarapan buat orang2 di rumah hahaa milihnya yang dari nestle

    BalasHapus
  19. Nah poin berikan cinta tanpa syarat nih jadi fokus aku. Karena semua poin akan dimulai dari poin ini dulu. Ibu bahagia anak akan tumbuh jadi pribadi yang kuat dan sehat

    BalasHapus
  20. Ikut happy deh kalo anak2 tumbuh dengan kegembiraan ya. . nutrisi terpenuhi dan penuh kasih sayang dari lingkungan keluarga

    BalasHapus
  21. Pencernaan anak ini emang salah satu yang perlu kita perhatikan ya. Soalnya kalau pencernaan tidak sehat biasanya anak lbh mudah kena penyakit, begitu pula sebaliknya kalau pencernaan sehat anak lbh kat daya tahan tubuhnya. Selain memperhatikan kesehatan anak, memberi perhatian kepada emosi/ perasaan anak jg penting yaa

    BalasHapus
  22. Iya klo orangtua mndidik dgn happy tumbuh kembang akan juga pasti happy y aplg dg asupan tambahan susu lactigrow

    BalasHapus
  23. Penting bangdt memang membuat anak tumbuh dengan bahagia, dan itu PR penting buat orangtua ya mba

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)