17 Aug 2019

Anak Tumbuh Sehat dan Cerdas Bersama Grow Happy Parenting

Anak Cerdas dan Sehat Bersama Grow  Happy Parenting
My sunshine always SMILE (dokpri:omahantik.com)
Beberapa hari ini banyak anaknya teman sekolah ataupun saudara dekat yang rentan terjangkit sakit. Diantaranya dari sakit demam biasa, bapil alias batuk pilek sampai yang tipes. Jadi sedih deh kalau mendengar berita kurang menyenangkan tersebut.

Belum lagi jika putri kenes saya , Cielo sakit radang duh rasanya ikut-ikutan melow banget. Buat bergerak main aja lunglai lemes apalagi untuk mengasup makanan/minuman jadi serba tidak enak. Badmood seharian!

Catatan penting nih buat saya sebagai ortunya untuk selalu perhatian menjaga kesehatan tubuhnya supaya imun tubuh lebih kuat melawan kuman penyakit. Jika sampai daya tahan tubuhnya lemah maka tubuh rentan jatuh sakit dan efeknya merugikan anak.  Sehingga apapun aktifas menurun  bahkan keceriaan senyum memudar.

Nah bagaimana agar semua teratasi tubuh kembang anak secara optimal baik ? Yuk ikuti tips parenting bermanfaat yang saya pada even  Nestle LACTOGROW  "Dukung Kesehatan dan Kebahagiaan Anak dengan  Pola Asuh Grow Happy"  di Semarang, 14 Agustus 2019.

Tema workshop  dari Nestle tahun ini sangatlah menarik diikuti. Taglinenya GROW HAPPY PARENTING, HAPPY FROM  THE INSIDE OUT siap roadshow 8 kota di Indonesia.  Mengajak para orangtua untuk terus mendukung  tumbuh kembang anak secara optimal. Tentunya tanpa mengabaikan pemenuhan akan kebutuhan gizi serta pengembangan kematangan emosi anak sejak belia.

Pencernaan  Anak Sehat dan Pintar
Penjelasan Dr anak tentang kesehatan saluran cerna (dokpri : omahantik.com)

Salah satu diantara upaya dalam mendukung  asupan kebutuhan gizi yang tepat adalah memastikan kesehatan akan sistem pencernaan si kecil.
Menurut Dokter spesialis anak, Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K) kesehatan saluran cerna anak harus dalam kondisi  sehat agar asupan makanan bergizi seimbang dan mengandung nutrisi seperti prebiotik lactobacillius bisa terserap lebih baik  oleh tubuh.

Anak rentan terkena  infeksi karena sistem pencernaan di dalamnya belum tumbuh optimal. Adapun  ciri-ciri usus anak kecil  :

  • Saluran cerna belumg 
  • Lapisan mukosa masih tipis 
  • Sistem kekebalan tubuh bayi belum berkembang dengan baik
Dihimbau penting sekali orang tua untuk cermat memperhatikan segala sesuatunya yang mendukung dalam tumbuh kembang  anak seperti makanan bergizi seimbang dan terdapat unsur nutrisi prebiotik. Bisa diberikan melalui susu atau makanan yang difermentasi seperti tempe, yoghurt, keffir.
Gak perlu repot atau pusing nih bagi orang tua langsung bisa melengkapi kebutuhan nutrisi anaknya di Nestle Lactogrow juga lho, karena dalam kemasan susunya sudah diperkaya banyak kalsium, 12 vitamin, minyak ikan, 7 mineral penting berikut kaya akan OMEGA 3 dan 6, tidak ketinggalan nutrisi prebiotik Lactobacillius reuters.

Thanks alot God, alhamdulillah banget! Dari sini saya bisa mendapat beragam informasi penting diaplikasikan dalam kehidupan sehari -hari. Belajar banyak tentang bakteri baik yang ternyata bermanfaat sekali .

Peran Bakteri Baik

  1. Bisa menjaga kekebalan tubuh
  2. Mencerna serat dan menghasilkan nutrisi yang mendukung kesehatan saluran cerna 
  3. Melindungi  dari serangan penyakit
  4. Mendukung kesehatan saluran cerna
  5. Melindungi usus dari mikroba/zat berbahaya lainnya
See, banyak sekali manfaatnya kan?

Kematangan Emosi dan kebahagiaan Anak

Psikolog Anak : Elizabeth Sentosa 
(dokpri omahantik.com)

Selain memerhatikan tentang asupan gizi  perlu juga orangtua support akan kematangan emosi anak. Diuraikan secara panjang lebar Psikologi anak yakni Elizabeth Santosa M.Psi,Psi,SFP, ACC  betapa pentingnya peranan kematangan emosi dan kebahagiaan seorang anak dalam tumbuh kembangnya.

Bagaimana Membesarkan Anak Agar Tumbuh Bahagia 
Saya rangkumkan keterangan beliau yang menjelaskan detail bagaimana membesarkan anak agar tumbuh bahagia sehari -hari nya .

1.Makan makanan bergizi  tepat waktu
Perlunya orangtua mengingat hal penting ini terutama dalam menerapkan kebiasan makan bergizi baik dan seimbang untuk pertumbuhan anak. Jangan selalu dibiasakan makan/jajan mudah saji semisal junk-food yang lagi kekinian. Orang tua harus siap jadi role mode terlebih dahulu.

2.Waktu bermain & eksplorasi

Meski terkesan sepele mengajak anak bermain sekaligus menjelajahi di luar rumah bisa menjadikan pengalaman seru dan bermanfaat. Secara tidak langsung melatih kognitif anak terasah sekaligus meningkatkan kebahagiaan.
Saya langsung praktekan nih sama putri saya sebelum sampai di tenpatnya latihan berenang. Saya tunjuk sekaligus saya lontarkan pertanyaan .

" Menurut adik sumber air yang layak dikonsumsi diminum yang bagaimana ? A. Airnya tampak jernih, B. Airnya tidak terdapat serangga"

Wow antusias sekali dia menjawab, A jawaban benar yang dipilihnya. 


3. Ekspressi emosi positif

Memberikan penjelasan sebagai penghiburan atau semangat terhadap anak sangat diperlukan. Dengan begitu anak merasa keberadaannya diperhatikan. Contoh sederhananya nih Cielo kadang nyeplos " Mom adik sedih nih, sampai finish terakhir sendiri "
Dengan perlahan saya jelaskan , "Teruslah giat berlatih renang dengan tehnik yang benar dan semangat ya dik. Rajin berlatih akan membuat gerakanmu lebih sempurna!"

4. Cukup waktu tidur 

Dengan waktu tidur yang berkualitas setidaknya akan memberikan sel-sel dalam tubuh anak berkembang lebih baik dan sempurna.

5. Berikan cinta tanpa syarat

Anak dengan sendirinya akan mengerti bahwa orangtuanya amat menyayangi. Baik lewat tatapan mata, belaian lembut tangan maupun tutur kata. Makanya usahakan sejak sekarang orangtua memberikan contoh yang baik sehingga memberikan panutan anak. Jika aura orangtua terlihat bahagia setidaknya membuat anak turut bahagia.

6. Antusiasme Saat Mendengar

Jangan sesekali abaikan anak saat meminta perhatian orangtua sekecil apapun. Belajar menjadi orangtua yang active listening saat anak membutuhkan. Sementara sisihkan kesibukan beberapa saat agar anak merasa dipedulikan.

Wuih super mantap sekali materi pengetahuan yang diperoleh hari ini, gak sabar banget pengin share ke banyak temen serta saudara lain.

Keep HAPPY Blogging

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)