28 Apr 2020

Kuncinya Kedisiplinan Agar Tidak Rentan Tertular Covid19

Kuncinya Kedisiplinan  Agar Tidak Rentan Tertular Covid19

Beberapa minggu yang lalu saya tercekat kaget putri kenes saya yang biasa ceria tiba-tiba mengeluh tengah malam jika  kurang enak badan.

Hadeeuh biyung, jerit saya sedih dalam hati. Kondisi yang tidak menentramkan hati terkait Pandemi, lah ini anak sendiri sakit dini hari. Mana saya kehabisan paracetamol pereda panas. Tambah sedih lihat anak sakit rewelnya setengah ampun.

Dijamin nih tidak bisa istirahat maupun tidur nyenyak dengan kondisi anak yang rewel merasakan tubuh demam.
Kepikiran juga nih apa jangan-jangan tertular virus C19. Kan, tubuh panas tinggi  dan sedikit diare.

Coba saya periksa suhu tubuhnya lagi, emang  panas. Pantesan dia menggigil kedinginan. AC saya setel suhu warm dan saya gantikan baju piyama yang bersih.


Penampakan bintil merah di telapak kaki 
Oiya baru keingetan, sore tadi si kenes udah komplain kalau kakinya buat menapak ke bawah (jalan) terasa sakit kayak tertusuk duri. Kasihan jalannya jadi jinjit-jinjit gitu.

Tambah pikiran ini terasa berkecamuk, bingung dan sedih memikirkan kemungkinan sakit yang dialami si kecil ini pastinya apa?  Apalagi PakSu tengah dinas keluar kota.
Saat galau tak bertepi itu saya coba googling internet. Daripada bengong manyun gak tenang tidur, siapa tahu nemu solusi jitu. Alhamdulillah banget pas baca-baca pada salah satu aplikasi kekinian yang mengupas tentang beragam kesehatan dan  juga bisa konsultasi di HaloDoc.

Setelah itu bikim hati jadi maknyees adem selaligus mantap insyaalah putri syantik saya aman tidak terpapar Covid19. Amiiin YRA.
Di aplikasi HaloDoc ini juga menyajikan informasi update berkaitan pandemi bahkan juga bisa order layanan Rapid Test tanpa meninggalkan rumah. Jadi wawasan baru nih terutama anak-anak yang Belajar mandiri di rumah karena efek pandemi. Mereka bisa paham langsung tentang prosedur rapid tersebut WAJIB dilakukam. Wuih, kereeeen kan🤗

Keesokan hari saya mantap  berobat ke Puskesmas yang dekat rumah saja. Berharap  sakit putri saya teratasi baik dan amit-amit bukan karena tertular virus corona.*doaEmaksekencenglangit. Akhirnya PLONG juga rasa was was saya setelah mendapat penjelasan bu Dokter jika sakit panas juga bintil di kaki kemungkinan terkena virus biasa lainnya. Lantaran gejala corona juga tida ditemukan secara spesifik.
Intinya wejangan bu dokter tadi menjelaskan pentingnya Kedisplinan Diri Sendiri untuk menerapkan  pola hidup sehat akan membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari penularan virus corona.

Mengenal COVID19 

Istilah COVID19 akronim dari Coronavirus Disease 2019. Diambil dari CO (singkatan korona) VI (sebutan untuk virus) D ( disease atau penyakit). Angka 19 mengacu pada tahun dimana virus tersebut ditemukan pertama kalinya.

Gejala Corona1

Mau tahu detail jelasnya baca infogfrafis sejarah munculnya Corona ya.
Penyakit ini memang disebabkan sejenis virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 ( SARS-CoV-2).
Kenali gejalanya yuk jika infeksi virus menyerang
✔alami demam
✔disertai batuk-batuk
✔terjadi gangguan pernafasan (pneumonia)
Ini gejala spesifik yang ditunjukkan orang yang terpapar virus.

Luar biasa nih, penyebaran virus C19 kian kemari semakin banyak masyarakat Indonesia yang terpapar dan positif sakit. Bukannya waspada lebih hati-hati, kesannya malah menyepelekan. Ini meski virus kasat mata, jika terjangkiti efeknya luar biasa. Resikonya tinggi bahkan bisa terjadi kematian. Kuncinya satu kedisipilinan diri sendiri agar tidak rentan tertular Covid19.
Sebelumnya saya pernah menuliskan apa saja cara Prevemtif yang dilakukan untuk mencegah penularan corona

https://www.omahantik.com/2020/04/lakukan-tindakan-preventif-berikut-ini-agar-terhindar-covid19.html

Belajar dari pengalaman negara Italia, gimana warganya yang terlanjur parah hingga para Tim medis serta rumah sakit kewalahan menerima pasien C19. Bahkan angka yang sakit naiknya berlipat-lipatnya ketimbang yang sembuh. Sehingga diputuskan untuk LOCKDOWN selama sebulan.

Yang melanggar aturan, dikenai sanksi hukuman kurungan penjara dan membayar denda . Nah, tuh akhirnya pada tertib warganya. Beneran tidak ada yang berani keluar rumah, jika tidak urgensi banget.

Nah bisa ditarik benang merahnya  jika disiplin patuhi aturan sesuai protokuler yang disarankan seperti

  • Stay at home, untuk sementara melakukan karantina mandiri selama kurang lebih 14 hari
  • Physical Distancing, jaga jarak sekitae 1 m saat berinteraksi sosial
  • Gunakan masker di mana pun berada. Demi upaya terhindar dari terpaparnya virus corona
  • Biasakan cuci tangan dengan sabun, untuk membiasakan kebiasaan jaga kebersihan setelah melakukan aktifitas dari luar
  • Beristirahat jika merasa tubuh kurang sehat
  • Segera periksa ke tim medis, jika merasa kan gejala.yang parah seperti panas tinggi, batuk- batuk atau merasa sesak nafas.
Semoga apa yang saya share di atas jadi pengalaman baik. Kunci utamanya kedisiplinan diri sendiri agar terhindar dari tertularnya virus corona.

Keep Happy Blogging 

1 comment:

  1. Bener,asal kita disiplin, semuanya akan baik-baik saja. Sayangnya ada sebagian masyarakat yang belum disiplin, padahal untuk kebaikan diri sendiri kan.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)