24 Apr 2020

Pentingnya Penerapan Social Distancing di Masa Pandemi

Pentingnya Penerapan Social Distancing di Masa Pandemi

Cerita tentang pandemi yang tengah terjadi saat ini tidak pernah ada ujung akhirnya. Semakin pesat perkembangan covid19 dari hari kian mencemaskan pelbagai kondisi masyarakat.

Meski sudah dengar gaung resminya, aturan dari Pemerintah kebijakan bekerja dan beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH) , wabahnya terus bergulir saja.

Padahal kebijakan #DiRumahSaja berkaitan dengan penerapan social distancing yang dianggap sebagai cara paling efektif mencegah penyebaran Covid19.

Mengapa Sosial Distancing


Familiar , kan sobs banyak orang fasih menyebut istilah social distancing. Kata tersebut menjadi trending topik kala pandemi mewabah di Indonesia.

Sebenarnya Social Distancing mengacu pada tindakan pembatasan untuk mengendalikan infeksi nonfarmasi atau memperlambat penyebaran suatu penyakit menular.

Menurut Center for Disease Control (CDC), social distancing adalah tindakan menjauhi segala bentuk perkumpulan, jaga jarak antar manusia, dan menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang

Secara simpelnya bisa diartikan bahwa, masyarakat diimbau mengurangi aktivitas di luar rumah, seperti kantor, sekolah, tempat olahraga, dan semua tempat yang sering didatangi banyak orang.

Lebih jelasnya mengapa semua orang harus mendukung aturan Social  Distancing ini, lihat share video dari presiden Jokowi


Jaga Jarak Demi Kebaikan Indonesia 

Apabila seorang terpaksa berada dalam kondisi dan situasi tersebut, sebaiknya mengatur jarak sekitar 1-2 meter dari orang lain.

Diketahui virus corona sangat mudah menyebar dari tetesan cairan saluran pernafasan mereka yang mengidap Covid19 meski tidak menunjukkan gejala. Karena itulah penting untuk menjaga jarak dengan menghindari kerumunan, bisa meminimalisir resiko terpapar cairan dari pengidap covid19 yang batuk/bersin.

Catet nih, PENTING orang UNTUK sadar disiplin menyikapi di tengah pandemi virus yang terjadi kini.

Penerapan Social Distancing
Jelas penting semuanya saling mendukung penerapan aturan tentang Social distancing, sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.Dengan disiplin dan kesadaran dari diri sendiri .

✔ jangan berkerumun atau melakukan pertemuan melibatkan orang banyak seperti kantor, sekolah, bioskop atau area olah raga
✔ tidak keluar rumah jika tidak ada urusan mendesak
✔ jangan melakukan kontak fisik seperti berjabat tangan, serta cipika-cipiki dengan orang lain
✔ selalu berhati-hati dengan benda di fasilitas umum, yang mungkin sudah tersentuh banyak orang lain
✔ jangan melakukan perjalanan jarak jauh dulu

Udah gak usah share banyak-banyak. Paling kalian udah bete imbauan seperti itu diulang-ulang terus ya sobs.*peace

Yang penting , segera mulai dari diri sendiri untuk melakukan aturan Social Distancing demi kebaikan bersama.

Sumber foto :
▶infocovid_bpn
▶nakita.id

Keep Happy Blogging 💜💜💜


No comments:

Post a comment

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)