16 May 2020

Cara Praktis Hemat Lebaran Saat Pandemi Berlangsung

Cara Praktis Hemat Lebaran
Credit : Pixbay

Setelah memantapkan hati tidak mudik kampung halaman gantian mikir gimana cara praktis hemat lebaran saat pandemi berlangsung. Karena gak mudah sobats apa-apa serba susah dan roda perekonomian jalannya juga seret.

Saya orang biasa aja mikirnya setengah ampun. Berkali-kali saya share di postingan terdahulu kalau suami juga terkena dampak pandemi ini. Hingga sementara  waktu tidak bisa mencari income menopang hidup. Awalnya sih saya shock banget. Namanya kebutuhan hidup terus berjalan tanpa mengenal waktu susah ataupun tidak. Harus kemana cari tambalan hidup, buat nyambung hidup sehari-harinya. Terlepas dari kesusahan hidup saya percaya kok kalo Gusti Allah mboten sare. Allah selalu ada untuk umatNya.

Tetap bersyukur saja deh ditengah ketidakpastian pandemi saya sekeluarga masih diberi kesempatan hidup, sehat serta bisa menjalankan nikmatnya ibadah puasa di bulan ramadan ini. Jalani hidup seperti air mengalir dan bisa terus berkarya berbagi kebaikkan dengan sesama.

Tentunya sambil berdoa penuh harapan agar wabah Covid19 ini segera berlalu di muka bumi. Kangen merasakan aktifitas kehidupan yang normal seperti sedia kala tanpa harus ada pembatasan jarak.

Tahun ini memang jauh beda dengan tahun sebelumnya. Lebaran hadir tanpa adanya tradisi pulkam dan silahturahmi. Bismillah demi kebaikan putusnya mata rantai virus corona diharapkan semua bisa memaklumi. Biasanya pulang mudik diamggap sebagai Post Pengeluaran terbesar dibanding yang lainnya.

Demgan instruksi PSBB wajib #dirumahaja, akan mengalokasi budget terbesar mudik ke post lainnya. Bener begitu,kan sobs,?Malah bisa menjadi cara praktis hemat lebaran.

Beberapa hal yang saya terapkan agar bisa berhemat saat lebaran di tengah pandemi diantaranya :

Make sure kondisi keuangan
Cara Praktis Hemat Lebaran2

Atur gaya hidup untuk lebih berhemat akan memudahkan menjalani puasa sehari-harinya. Semisal.memgurangi sering jajan di.luar rumah atau ngajak nonton bioskop.

Tetapkan prioritas 
Cara Praktis Hemat Lebaran1
Menyadari segala bentuk pengeluaran harus memiliki skala prioritas. Tujuannya untuk meminimalisir segala pengeluaran hingga tidak sampai bergaya boros. Skala prioritas harus diutamakan semissl pembayaran rekening listrik, air dsb.

✔selektif dalam pemakaian anggaran 
Harus bisa selektif apalagi dalam memanfaatkan dana sehingga bisa menghemat anggaran yang ada. Semisal yahy hiasa herlangganan tv kabel lumayan gede biaya konsumtifnya pada dasarnya bukan merupakan kebutuhan pokok.


✔ Jangan mudah tergiur Flashsale
Waini  yang biasanya agak susah dilawan. Jika ada tawaran flashsale atau promo besar-besaran terkadang membuat sebagian orang terjebak untuk menghambur-hamburkan dananya. Membeli suatu hal bukan dikarenakan kebutuhan penting.

✔  usahakan memiliki dana darurat 
Sebagian orang tidak menyadari jika memiliki sana darurat dalam kondisi pandemi yang tidak menentu memang begitu penting dan bermanfaat. Sebaiknya dana darurat bisa dipersiapkan minimal 3 sampai 6 bulan ke depan. Semuanya ini bisa mengantisipasi jika ada income terpaksa berhenti mendadak. Kisaran dana darurat disesuaikan dengan kemampuan masing -masing ya sobs. Semisal tiao bulannya 2 juta ya minimal kita punya dana 5-8 juta

Demikian share postingan cara praktis.hemat lebaran saat pandemi berlangsung. Semoga bisa bermanfaat ya sobs.

Keep Happy Blogging 

No comments:

Post a comment

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)