15 Jul 2020

Pengalaman Menyenangkan Bunda Siaga Bersama Si Kecil di Rumah

Bunda Siaga Bersama Si Kecil di Rumah
Belajar bersama Bunda
Dokpri : omahantik.com 

Pengalaman bunda siaga bersama si kecil di rumah tentunya mengisyaratkan bunda sebagai Mombassador SGM Eksplor harus  siap mendampingi dan memastikan hal apa saja yang dibutuhkan si kecil menjadi Anak Generasi Maju selama Fase New Normal saat ini.

Apalagi ajaran tahun baru akademis kali ini jauh berbeda dengan sebelumnya dikarenakan adanya pandemi Covid19 yang belum kunjung usai. Kebetulan saya yang tinggal di daerah Kudus masih mengikuti aturan untuk pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Dimana di sekolah putri saya diterapkan pengajaran daring /belajar mandiri secara online #DiRumahAja .

Sebagai orangtua bijak saya dan segenap orang tua murid lainnya siap mendukung kebijaksanaan aturan yang sudah diterapkan. Sudah menjadi tanggungjawab dan keikhlasan untuk senantiasa mendampingi si kecil belajar dari rumah. Tugas merangkap sebagai sosok GURU dan juga bunda, insyaallah akan ditunaikan sebaik mungkin.

Adapun saya coba mengupayakan kegiatan yang menyenangkan untuk dikerjakan si kecil di rumah agar suasana tetap ceria dan menggembirakan.
Bisa dengan mengajaknya melakukan permainan anak yang have fun sekaligus juga edukatif. Berikut ini sejumlah permainan yang rekomended selama di rumah

✔ Bermain  Tukar Peran Profesi
Permainan cukup menyenangkan nih yakni.tukar peran profesi. Dimana si kecil berperan sebagai penjual buah sementara Bunda jadi pembelinya.
Bunda Siaga Bersama Si Kecil10
Bermain Tukar profesi sebagai penjual buah 
Ide permainan mengasyikkan ini saya peroleh dari website bermain bersama Bunda serta saya sreg dengan jenis permainan Peran Profesi.

✔ Permainan Petak Umpet
Permainan yang banyak di gemari sejak dulu kala ternyata bisa dilakukan juga di rumah,lho bunda. Selain mudah cara mainnya,  yakni satu orang anak sebagai pencari dengan memejamkan mata lalu berhitung dengan suara keras sementara pemain lainnya bersembunyi.(Usahakan pilih tempat bersembunyi yang aman, ya. )
Pencari kemudian membuka matanya dan mencari saudaranya yang bersembunyi. Orang pertama yang ditemukan adalah pencari selanjutnya, dan yang terakhir ditemukan menjadi pemenangnya.

✔ Bermain Asah Otak 
Di sela-sela rutinitas belajar, kadang saya ajak si kecil bermain games yang bisa mengasah otak namun menyenangkan. Diantaranya bermain congklak, catur, TTS ringan, monopoli. Dengan begitu anak belajar berpikir nalar dengan baik.

Bunda Siaga Bersama Si Kecil1
Senangnya sinok bisa belajar main catur
dokpri : omahantik.com 

✔ Tebak-Tebakan Objek
Libatkan kakak adik untuk mengasah ketrampilan mengamati suatu objek dalam permainan ini. Bunda bisa minta kakak adik sebagai pemain pertama untuk memikirkan objek yang mudah terlihat di sekitar.iMnta mereka untuk membisikkan benda itu kepada Bunda dan menuliskannya di kertas.
Sedangkan pemain lain berusaha menjawab objek dengan memberikan pertanyaan yang hanya boleh dijawab dengan ’ya’ atau ‘tidak’ saja.
Contohnya, bendanya berupa bola, penebak bisa bertanya "Apakah terbuat dari plastik?" atau "Apakah bentuknya bulat?" dan seterusnya. Batasi maksimal 20 pertanyaan yang bisa ditanyakan. Bila penebak belum bisa menebak 20 pertanyaan, berikan satu kesempatan terakhir untuk menjawab benda yang dimaksud.

✔ Berkemah di Rumah
Kegiatan sati ini sungguh mengasyikan loh. Si kecil bisa memasang tenda, bengatur peralatan yang diperlukan kursi meja sambil dibantu ayah bundanya. Untuk melengkapi keseruan suasana berkemah bisa membawa barang yang disukai semisal buku, boneka, snack minuman., maupun buku mewarnai.


✔ Manfaatkan ruang bermusik
Tidak ada salahnya ayah bunda mengubah pojok ruangan dan diatur sedemikian rupa untuk si kecil bisa bereksplorasi dengan musik. Bisa bermain drum, pianaka, tamborin, dan lain sebagainya. Sehingga si kecil berkesempatan memainkan instrumen yang disukainya.
Bunda Siaga Bersama Si Kecil2
Asyik bermain pianika
Dokpri : omahantik.com

Itu tadi beberapa permainan anak yang bisa Bunda lakukan di rumah bersama Si Kecil agar terhindar dari rasa kebosanan berkegiatan di rumah.

Selain memikirkan upaya menciptakan suasana bermain sekaligus belajar yang menyenangkan, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan di tengah suasana pandemi yang kian tidak menentu ini. Meskipun sudah memasuki fase New Normal jangan lantas mengabaikan pentingnya Protokol kesehatan.

Salah satu cara yang efektif dan dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus terlebih virus corona adalah dengan sesering mungkin mencuci tangan yang benar menggunakan sabun dan air mengalir baik air biasa, air dingin, atau air hangat selama 30 detik.

Meski kini sudah memasuki fase transisi yakni new Normal, tetap kita harus lebih berhati-hati menjaga diri dan tetap patuhi ptotokol kesehatan yang berlaku. Seperti rajin mencuci tangan, tetap memakai masker saat berkegiatan di luar, selalu jaga jarak dan jauhi kerumunan.

Sekedar mengingatkan aja bunsay jika ada 6 langkah cara cuci tangan yang benar berikut ini:

Bunda Siaga Bersama Si Kecil3
Sumber : Website Aku Anak SGM

Pastikan mencuci tangan sudah benar dan dilakukan selama 30 detik. Jika tidak memungkinkan untuk cuci tangan, Bunda bisa memberikan hand sanitizer sebagai pengganti sabun dan air. Ya, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer jika dilakukan dengan benar sama efektifnya menghilangkan kuman atau patogen.

Pastikan memilih hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol 70% dan gosokkan ke seluruh bagian tangan selama setidaknya 30 detik untuk memastikan tangan terolesi cairan hand sanitizer secara menyeluruh. Hand sanitizer bisa jadi cara praktis dan nyaman digunakan bila sedang berada di luar rumah dan tidak memungkinkan menggunakan air dan sabun. Semoga bisa dipraktekkan dengan benar ya bunda untuk mencegah tertularnya virus/kuman penyakit.

Selain mematuhi protokol kesehatan, saya pastikan si kecil tercukupi akan asupan nutrisi yang baik. Apalagi sinok Cielo ini doyan nyemil , maka saya dengan senang hati menyajikan apa yang jadi kesukaannya. Seperti cemilan Bakso Tahu yang yummy banget. Resep tersebut bisa diintip di
https://www.generasimaju.co.id/resep-bakso-tahu

Bunda Siaga Bersama Si Kecil4
Bikin cemilan bakso tahu
Dokpri : omahantik.com

Yang utama nih, bunsay sinok Cielo tetap rutin konsumsi susu 2x sehari. Biasanya diminum pada waktu mengawali aktifitas dan sebelum tidur. Susu favorit pilihannya yakni SGM Eksplor 5+ dengan complinutri sarat dengan kandungan omega 3, minyak ikan, kalsium, vitamin D, Zinc juga vitamin C juga serat pangan inulin yang dipercaya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil looo, bunda.

Terdapat kandungan esensial didalamnya yakni ada Omega Tiga serta minyak ikan yang terdapat di dalam susu SGM Eksplor. Eh dipercaya bisa meningkatkan perkembangan otak dan bermanfaat untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu saja masih didukung kalsium dan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Ditambah lagi nih ada kandungan zink serta vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan daya ingat otak. Sementara serat pangan inulin banyak membantu organ pencernaan sehingga mampu menyerap zat gizi lebih baik. Wah wah ternyata banyak sekali manfaatnya ya untuk proses tumbuh kembang si kecil.

Semua informasi bermanfaat tadi saya dapatkan dengan mengikuti terus websitenya
https://generasimaju.co.id/bermainbunda
merupakan sumber bacaan yang rekomended banget buat para ayah bunda sekalian ya. Satu lagi nih jangan ketinggalan untuk follow akun Aku Anak SGM.

Harapannya saya bisa lebih terampil dan luas wawasannya terutama tips penting serta menarik diantaranya parenting, nutrisi, tumbuh kembang anak. Sehingga diharapkan sekali kita semua bisa mendukung sekaligus menstimulasi 5 Potensi Prestasi si Kecil meliputi kecerdasan Kreatif, Supel, percaya diri, bersikap Mandiri, serta tumbuh tinggi dan kuat.

Nah agar para ayah bunda sekalian juga bsia mendapatkan banyak informasi penting berkaitan nutrisi yang tepat, tips parenting, resep serta tumbuh kembang si kecil apalagi ditengah situasi pandemi disertai informasi akurat pencegahan Covid19 langsung bisa akses ke sosial media Anak Generasi Maju SGM Eksplor seperti berikut ini yaa :

Website : www.generasimaju.co.id
Fanpage : Aku Anak SGM
Instagram : @akuanaksgm
Atau bisa juga hubungi nomor penting
Careline SGM : 0800 1 360 360 (bebas pulsa)

Semoga apa yang telah saya share di atas, bisa bermanfaat untuk para pembaca termasuk bunda-bunda syantik sekalian.

#SGMEksplor
#BersatudanKuat demi
#GenerasiMaju #MombassadorSGMEksplor
#PoinPrestasi
#BermainBersamaBunda

Keep Happy Blogging

No comments:

Post a comment

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)