16 Okt 2021

Syukurlah di Masa Pandemi Berkat Sosmed Ekonomi Keluarga Terus Melaju Meski Kepepet

Berkat Sosial Media di Masa Pandemi
Ekonomi Keluarga Berjalan

Sungguh ini suatu realita hidup di mana saya harus banyak bersyukur, meski di masa pandemi yang pelik cukup terbantu. Keberadaan sosmed ternyata memberikan celah harapan perekonomian keluarga bisa terus berjalan meskipun begitu semua terasa kepepet (baca : terdesak). Gak salah jka sosmed yang begitu ikonik disebut The Powerof Social Media.

Income Seret Kebutuhan Harian Macet

Awal mulai muncul pandemi Covid-19 ini sudah cukup membuat keadaan sehari-hari keluarga tertekan. Mengingat suami sedang merintis pekerjaan terbilang baru. Jangan harap untuk mendapatkan hasil lebih seperti yang diinginkan.

Semakin lama Covid-19 yang melanda negeri ini terus parah sehingga hampir semua lini kegiatan terkena imbasnya. Salah satunya, pekerjaan suami yang turut berhenti dengan adanya himbauan bekerja di rumah untuk beberapa waktu lamanya.

Bisa dibayangkan jika semua itu terjadi dalam kurun waktu yang tidak bisa dipastikan akan beresiko tidak ada pemasukan. Income untuk rumah tangga yang notabene mencukupi kebutuhan sehari-hari bakal macet. Apa jadinya jika suatu negara yang sedang membangun tiba-tiba jatuh collapse tidak bisa bangkit lagi beraktifitas.

Tidak terlintas sedikit pikiran untuk berhutang demi menutupi kebutuhan yang terus meningkat tiap harinya. Hati miris banget dong , mikirin nasib , can we keep survive

Era Digital Semua Jadi Optimal

Butuh kesadaran tentunya memahami perubahan di dunia setiap saat, terlebih dengan adanya serangan pandemi seperti ini yang sama sekali tidak terduga. 

Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar - Ridwan Kamil

Quote atau kutipan sederhana dari seorang tokoh masyarakat ternama Indonesia seakan memberikan titik terang atas kebekuan pikiran memikirkan nasib yang tiada menentu. Hampir tiap harinya meratapi nasib yang dirundung duka tidak berkesudahan.

Dalam situasi genting di pandemi mustahil untuk mencari peruntungan rejeki bekerja di luar. Sementara itu banyak pekerja yang dirumahkan, malah sebagian perusahaan ada yang gulung tikar.

Untungnya saya pernah baca artikel menarik di INDOZONE , beberapa hobi yang bisa dilakukan di waktu pandemi bisa menguntungkan. Sekaligus jadi ladang bisnis yang menjanjikan jika serius ditekuni. Semua bisa dilakukan lantaran keberadaan sosial media di era serba digital.

Diantara hobi biasa yang bisa berpeluang mendatangkan penghasilan yang lumayan menguntungkan tersebut sudah saya praktekan sebagian dan memang terbukti bisa membantu asap dapur terus mengepul.

Menulis

Yup benar menulis merupakan hobi sejak saya sekolah dasar. Dari menulis bisa menghasilkan karya cerita yang dapat kompensasi rupiah. Makanya saya kembali menyemangati diri untuk lebih produktif menulis konten di platform blog yang memungkinkan tawaran kerjasama dengan pihak brand/agensi yang ada di dunia online.

Kulineran

Dari hobi kulineran juga bisa jadi ladang bisnis yang menjanjikan juga. Saya lihat juga dari status salah satu teman ada yang membagikan postingan tentang aneka masakan rumah dengan fasilitas siap hantar. Servis pelayanan yang baik dan berkualitas bisa menarik banyak pelanggan. Hal itu yang melecut saya untuk lebih kreatif seperti membuat minuman susu kedele.

Produksi susu kedele home made
dokpri : omahantik.com

Fotografi

Bagi yang gemar foto-fotoan apalagi hasil fotonya dinilai bagus bisa kok menjual hasil foto tersebut ke situs online. Foto yang dianggap memenuhi kriteria akan mendapatkan uang komersil dari foto yang dijual tadi. Selain itu foto-foto bernilai seni tinggi juga bisa dipasang di akun sosial media, seperti Instagram sehingga kemungkinan dilihat oleh banyak orang. Jalan terbuka menjadi penjual jasa untuk beragam kebutuhan foto, mulai foto wisuda, foto pernikahan, foto Newbabyborn, dan lain-lainnya.

Jasa foto Newbabyborn - Credit by. maz-az studio

Bikin Desain Ilustrasi

Beruntung deh orang yang memiliki ketrampilan desain dan ilustrasi. Ternyata banyak sekali  permintaan akan desain digital. Dengan keahlian membuat desain maupun ilutrasi yang mumpuni bisa menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Saya yang masih kelas amatiran pernah mencoba bantu teman promosi dagangan online. Meski hasilnya sederhana, teman saya menyukainya. Syukur alhamdulillah, jerih-payah kerja dihargai selain dapat income lumayan.

Desain yang sederhana namun diterima

Main Game

Kedengarannya sangat menyenangkan bermain game bisa mendapatkan cuan alias penghasilan. Bagi sebagian orang awam pasti susah membayangkan, gimana caranya tuh dengan menekuni gaming secara konsisten seseorang bisa mendulang pundi-pundi rupiah sampai jutaan bahkar dolar juga.

Jual Barang

Pertamanya pasti bingung ya, bagaimana jual barang secara online di internet. Kebetulan saya ikut beberapa grup WAG yang salah satunya pernah ngeshare mudahnya menjual barang secara online. Barang apa saja sih yang bisa dijual ? Ternyata baik barang bekas tapi yang kondisi bagus (preloved) maupun barang yang masih baru. Ada tips nih dari teman, jika mau pasang barang cari info dulu barang yang sedang ramai dicari. Semisal Tumbler nih, langsung bisa laku terjual jika memang barang sudah siap dan tempat minumnya pun dari label ternama.

Silakan saja jika ada yang mau menambahkan poin yang merupakan hobi yang memberikan manfaat. Buat saya pribadi sudah lebih dari cukup membantu. Terlebih dengan keberadaan sosial media pada masa pandemi bisa digunakan dengan bijak serta lebih mengoptimalkan apapun jenis usaha yang dirintis. Sekali lagi Good Luck, jangan pernah putus asa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)