23 Mei 2022

Panutan Anak Akan Kesuksesan Orang Muda di FORTUNE Indonesia Summit 2022



Cerita kesuksesan orang bisa menjadi inspirasi terbaik
Dokpri : omahantik.com

Anak biasanya cenderung tergugah meniru apa yang dilihat maupun didengarnya. Begitu halnya jika anak bisa mengetahui cerita akan kesuksesan orang lain tentunya bisa jadi penyemangat dalam dirinya untuk bisa menjadi lebih baik agar bisa menjadi seperti apa yang dilihatnya.

Yup, seperti waktu saya masih kecil saya takjub dengan salah satu teman Bapak seorang jurnalis yang pinter mengetik cepat dengan sepuluh jarinya tanpa harus memperhatikan mesin ketiknya. Begitu fantastis tanpa ada kesalahan ketik mirip robot. Hahaha.

Saya juga mengidolakan Liem Swie King, pemain badminton legend di era 80-an yang begitu luar biasa saat melakukan smash shuttle cock menukik tajam. Masuk dalam angan-angan saya saat itu jika kelak sudah besar ingin jadi pebulutangkis handal seperti sang idola. Top sekali kan, khayalan masa kecil.

Ada satu lagi, nih saya juga ngefans sekali dengan Gito Rollies, penyanyi rocker era dulu. Tiap ada si rocker beraksi tampil di televisi, saya pun gak mau kalah ikutan bergaya bak penyanyi rocker, sambil meniru apapun gayanya. Merasa asyik saja sih, bisa mirip dengannya.

Itu jaman dulu ya, jauh berbeda dengan situasi jaman kini yang generasinya lebih dikenal dengan sebutan milenial. Mereka lebih melek teknologi alias gak gaptek lagi. Sering memanfaatkan teknologi untuk mempermudah segala aktifitas. Jadi menurut saya lebih mudah sih untuk mengenalkan bahkan mengedukasi anak ke hal positif.

Bagi saya seorang ibu dengan dua anak yang mulai dengan proses tumbuh kembangnya masing-masing, tetap mempercayai sesuatu yang ditanamkan sejak awal pengetahuan baik tentunya akan menghasilkan manfaat nantinya.

Sama halnya dengan saya yang selalu berusaha terbuka dengan memberikan wawasan berikut contoh konkritnya diharapkan sang anak bisa paham dan perlahan bisa belajar mulai dari sekarang. Mendengar dan mengamati informasi maupun kabar yang terjadi di sekitar kehidupan ini. 

Cerita Orang Sukses

Selalu membuat hati terkesiap sekaligus bergetar kagum atas kesuksesan yang dicapai sebagian besar orang sukses dengan pencapaiannya yang luar biasa .

Iyess dong saya juga turut bangga dengan para muda yang menoreh prestasi di usia muda bisa menciptakan prestasi yang bisa menginspirasi lainnya. Cerita kesuksesan kawula muda ini yang jadi modal cerita yang saya bagikan kepada anak-anak. 

Paling tidak mereka juga sudah mengenal sosok /tokoh yang familiar tersebut. Berikut ini beberapa Businessperson dalam kategorinya masing-masing yang biasa saya ceritakan sambil jalan terhadap anak-anak.

Achmad Dzaky (Co-Founder Bukalapak)
Sedari kecil sudah memiliki mimpi besar diantaranya mendirikan Achmad Zaky Foundation yang terus memberikan bekal bagi para wirausahawan muda digital untuk menimba ilmu di Statup Campus.

Eratus Radjmin (Founder & CEO Artotel Group)
Senantiasa menyimpan mimpi untuk membuat hotel dengan konsep yang berbeda. Pada akhirnya bisa mewujudkan nya-ARTOTEL. Yang ternyata juga  mengoperasikan sejumlah properti di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarak, Medan, Bali.

Nadiem Anwar Makarim ( Menteri Pendidikan)
Landasan filosofinya Nadiem adalah  Merdeka Belajar dalam merancang berbagai kebijakan, diantaranya Kampus Merdeka yang memberikan kebebasan bagi mahasiswanya untuk magang selama tiga semester.

Angga Dwimas Sasangko (Sutradara, Produser,CPO visinema)
Waktu kecil bermimpi ingin menjadi pemain sepakbola hebat. Namun akhirnya menjatuhkan pilihan dalam industri perfilman menjadi sutradara dan produser kenamaan.

Raffi Ahmad (Founder RANS Entertainment)
Kerap dijuluki Sultan Andara karena kesuksesan Raffi sebagai seorang pekerja seni sekaligus pebisnis sukses yang memiliki berbagai lini usaha mulai fashion, makanan, otomotif, digital hingga olahraga.
Bahkan Raffi merambah bisnis baru RANSVERSE, dengan menyediakan 24 ribu tanah virtual dan melibatkan 300 animator di dalamnya. Wuih mantap bener.

Eko Yuli Irawan
Dikenal sebagai atlit angkat besi yang memiliki segudang prestasi membanggakan. Yuli Eko merupakan satu-satunya atlit Indonesia yang sukses 4 kali tampil di Olympiade mengukir kemenangan. Terakhir Yuli menyabet medali perak di Olympiade tahun 2020.

Sungguh lho hasil tidak akan pernah mengkhianati proses. Demikian halnya yang sudah dibuktikan oleh sebagian besar orang sukses di usia muda ini bisa menjadi panutan baik bagi yang lain. Untuk itu pantas jika mereka mendapatkan namanya penghargaan atas jerih payah usaha yang dilakukan.

Fortune Indonesia Summit 2022

Panutan Anak Fortune Indonesia 2

Perhelatan acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang telah berlangsung pada tanggal 18-19 Mei di The Westin Jakarta waktu lalu berjalan sukses. Banyak yang menilai event tersebut begitu inspiratif bagi para peserta hadir.

Apalagi pembicara atau narasumbernya merupakan tokoh bisnis terkemuka di Indonesia. Lebih dari 30 pembicara hadir meramaikan dalam acara FORTUNE Indonesia mulai dari menteri hingga petinggi perusahaan berpengaruh.

Termasuk sharing akan pengalaman serta pengetahuan seputar bidang bisnis yang digeluti menjadi suatu hal yang ditunggu-tunggu.

Acara yang berlangsung 2 hari tersebut menjadi bahasan menarik yang pastinya sangat dinantikan pesertanya kurang lebih 1000 peserta. Animo yang luar biasa banget deh.

Acara FORTUNE Indonesia Summit digelar selama 2 hari berturut-turut, tentunya setiap sesi akan ada narasumber yang siap berbagi ilmu dan pengalaman sesuai bidangnya.

Daftar Pembicara & Bahasan Topik

Jadwal terlampir untuk hari pertama dari pagi hingga malam terhitung di hari pertama.

Day 1 Fortune Indonesia Summit 2022- [18 Mei 2022]

09:00-09:10 : Selumnya ada open ceremony oleh Winston Utomo selalu Founder & CEO IDN Media. Beliau menyampaikan ucapan singkat jika Indonesia ingin menjadi negara besar dan maju dalam usaha bisnis harus mulai bersiap. Jelang tepat 100 tahun Indonesia Merdeka bisa mencapai tujuan tersebut kurang sedikit lagi. 

Tujuan diselenggarakannya acara  FORTUNE Indonesia Summit 2022 menjadi salah satu visi IDN Media dan FORTUNE untuk mengajak masyarakat Indonesia bergabung support untuk Indonesia yang lebih baik.

09:10-10:00 : Indonesia : Epicenter of Commodity and Tourism
Narasumber 
✓Muhammad Luthfi (Mentri Perdagangan RI)
✓Geeorge Hendrata sebagai CEO Tiket.com
✓Sandiaga Uno (Mentri Pariwisata, ekonomi kreatif RI)

Pak Mentri Lutfi menekankan pentingnya kehadiran multi stakeholder platform di Indonesia ditengah tantangan dan kompleksitas perdagangan saat ini. Platform tersebut berfungsi mensinergikan seluruh potensi Indonesia ke depannya lebih baik.

Beliau sangat mengapresiasi atas diselenggarakan even FORTUNE Indonesia Summit yang mengangkat 3 tema penting yakni IMPACT, GROWTH, dan SUSTAINABILITY. Sehingga diharapkan FORTUNE bisa menjadi platform informasi yang akurat terpercaya bagi dunia bisnis Indonesia.

Tidak ketinggalan juga adanya ucapan selamat Luthfi kepada para peraih penghargaan FORTUNE Indonesia Business persons of The Year dan peraih 40 under 40.

Disusul sharing dari George Hendrata yang mengungkapkan insight penting perkembangan industri pariwisata di Indonesia mempunyai banyak keunggulan dengan potensi pangsa pasarnya yang mengagumkan.

Tips penting dari Hendrata tentang pesatnya perkembangan Tiket.com di industri bisnis perjalanan yang dirintisnya sejak awal  ternyata menekankan pada Customer Centric Core value.

Difokuskan pada hal-hal penting problem solving :
✓ meningkatkan customer service di kala pandemi
✓terus bersikap optimis bisa beradaptasi terhadap ketidak pastian
✓keberanian mengambil kesempatan di masa kritis

10:10-11:00 : If You Can't Measure It - You can't Improve It
Narasumber 
✓Purbaya Yudhi Sadewa (Ketua Dewan Komisioner LPS)
✓Sunarso  - Direktur Utama BRI

11:00-11:59 : How to Adopt Growth Mindset and Revolutionize Your Business
Narasumber 
✓Silmy Karim - Direktur Utama Krakatau Steel
✓Salman Subakat  - CEO Paragon Technology and Innovation

01:00-01:59 : Growing Beyond Core Business
Narasumber 
✓Garibaldi Thohir - CEO Adaro Energy

Garibaldi menjelaskan proses jatuh bangun perjalanannya sebagai entrepreneur sejak muda diawali menjadi calo tanah hingga 50 tahun berkarya. Bahkan pernah menyentuh Market cap sebesar Rp 100.472.690 M dalam sesi yang berlangsung selama 1 jam.

Untuk mencapai kesuksesan tersebut diperlukan pengorbanan kuat seperti daya juang yang tinggi,kerja keras, personal value, serta menjaga kepercayaan.

Pesan penting Garibaldi untuk generasi muda dalam menggeluti usaha bisnis apapun harus bisa menerapkan 4 elemen penting ini seperti : Bottom Line, Story Line,  Nama Baik dan Kredibilitas agar bisnis yang dijalankan bisa terus bertahan dan berkembang maju.
02:00-02.59 : Ready, set and Grow : Indonesia Business Outlook 2022
Narasumber 
✓Handaka Santosa - CEO SOGO Indonesia ya Ketua Dewab HIPPINDO, Ketua Umum APREGINDO
✓Teguh Wicaksono  - Head Mandiri Institute

03:00-03.59 : WFT :What You Need To Know
Narasumber 
✓Andrew Solo ( Co-Founder Karapuru)
✓Napoleon -Founder of Scholarz &NFT Enthusiast
✓Cipta Ciputra Harun - NFT Collector

04:00-05.00 : Triple Crown of Growth Leadership,GCG, Fit, Strategy
Narasumber 
✓Umesh Phadke -Presdir L'oreal Indonesia
✓Budiarto Halim - CEO Erajaya Swasembada


05:00-06.00 : Next Generation Indonesia
Narasumber 
✓Erastus Radjmin- Founder & CEO ARTOTEL
✓Belinda Tanoko - Dirut Tanrise Property
✓Dyota M.Marsudi -Presdir Aladin Syariah

Day 2 Fortune Indonesia Summit 2022- [19 Mei 2022]

09:00-10.00 : Innovation In The Fast Track
✓Roderick Purwana -Managing Patner East Ventures
✓John Riady-CEO Lippo Karawaci  Direktur Grup

10:00-10.59 : Metaverse: New Big Thing of Economy
✓Pieter Lydian -County Director for Meta Indonesia
✓Indrawan Nugroho - CEO & Co-Founder Corporate  Innovation  Asia (CIAS)

11:00-11.59 : WOMEN IN THE WORKPLACE
Narasumber 
✓ Shinta W.Kamdani - CEO Sintesa group
✓ Parwati Surjaudaja - Presdir OCBC NISP
✓Angela Tanoe Soedibjo- Wakil Mentri Pariwisata & Ekonomi Kreatif

Ketiga narsum cantik tersebut secara langsung berbagi pengalaman perihal tantangan wanita berkarir dalam dunia kerja yang masih terjadi bias gender. Selama ini memang masih didominasi pria.

Tidak lupa ketiga pembicara saling memberikan tip kunci kesuksesan meski mereka berasal dari latar belakang kepemimpinan yang berbeda, diantaranya :
✓ sebagai leader wanita harus memiliki karakteristik  rendah hati, pekerja keras, menjaga profesional kerja, terus inisiatif mencapai target,  punya high will- going extra mile, tertantang akan suatu hal baru atau tidak membatasi diri untuk terus berkarya.

01:00-01.59 When Profit Meets The Planet
Narasumber 
✓Pandu Sjahrir Founding Patner AC Ventures  dan Vice President Director TBS Energi Utama
✓Ganesan Ampalavanar : Presdir Nestle Indonesia

Dalam sesi ini pembicara Pandu Sjahrir menyampaikan bahwa bisnis tidak hanya berkutat dengan keuntungan saja melainkan lebih berperan aktif untuk menjaga keberlangsungan lingkungan hidup.

Pandu mencontohkan pengembangan ekosistem kendaraan listrik dari hulu ke hilir yang sedang digarap demi mewujudkan transisi transparan memanfaatkan energi terbarukan. Wow keren juga nih inovasinya sobs.

Sedangkan Ganesan memaparkan jika Nestle telah berkontribusi untuk mengatasi perubahan iklim.
Do small things in a great way, waiting is not the option
Keduanya sepakat bahwa harga produk lingkungan masih tinggi, harus ada keterlibatan multi pemangku kepentingan untuk mengurangi ketimpangan harga tersebut.

02:00-02.59 : How to Become a Game Changer
✓Edward Tirtanata- Co-Founder& CEO Kopi Kenangan
✓Tjandra Gunawan - Presdir Bank Neo Commerce

03:00-03.59 : The Sudden Rise and Future of Investment
Narasumber 
✓Avina Sugiarto- Venture Patner of East
✓Oscar Darmawan- Venture CEO Indodax

04:00-04.59 : The Future of Media
Narasumber 
✓Sutanto Hartono- Managing Director EMTEK
✓Winston Utomo - Founder & CEO IDN Media
✓Raffi Ahmad -Artis & Chairman RANS Entertainment

Sesi ini banyak menyita perhatian undangan yang hadir karena bahasan Future of Media begitu menarik. Keberadaan media sosial ternyata bisa jadi sarana untuk memperpanjang usia karir seorang pekerja seni dalam dunia industri hiburan dan bisnis.

Terlebih Content is The King sangat dibutuhkan dari masa ke masa dengan inovasi format yang senantiasa berubah. Seperti EMTEK nih bisa langsung mengantisipasi perubahan tersebut dengan menyediakan konten video beragam durasi seperti  LONG, MID dan SHORT video.
Kolaborasi yang dijalankan antara EMTEK dan RANS Entertainment diharapkan bisa mengekspansi bisnis berkembang ke ranah OTT.

Tidak ketinggalan Winston sebagai CEO IDN membeberkan 4 pilar yang dijalankan dalam diversifikasi unit bisnis IDN Media, diantaranya :
1. Digital media
2. Content Platform
3. Entertainment
4. Commercial

05:00-06.00 : Sesi pemberian awarding FORTUNE Indonesia Business Person of The Year and 40 under 40

Panutan Anak Fortune Indonesia3


Sekali lagi saya acungi jempol dan salut deh atas pencapaian prestasi 20 pebisnis terbaik Indonesia sebagai Businessperson of The Year FORTUNE Indonesia Summit 2022.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)