30 Okt 2022

Ganti Paracetamol Dengan Obat Demam Alternatif Ini

 

Ganti Paracetamol dengan Obat Demam Alternatif
Sinok sayang yang lagi demam
Dokpri : omahantik.com

Lagi musimnya nih banyak orangtua terutama ibu-ibu yang parno dengan obat namanya Paracetamol, alias obat pereda panas pada anak. Dipicu dengan adanya berita viral bersamaan tentang penyakit gagal ginjal akut pada balita. 

Untuk itu dalam postingan berikut sobat Omtik bisa kok ganti Paracetamol dengan obat demam alternatif, siapa tahu bisa jadi solusi yang membantu. Tahu sendiri kan, selama ini Paracetamol selalu jadi andalan orangtua dalam mengatasi sakit demam anak pertama kali.

Apalagi jika si kecil sedang sakit dengan suhu tubuh yang terus naik. Pastinya membuat orang tua kian kuatir dan panik. Hati tidak tenang tidur pun jadi berkurang. Bahkan banyak yang harus bergadang demi menjaga anak.

Namun keberadaan Paracetamol saat itu diakui begitu membantu. Pokoknya anak demam, diberi obat yang mengandung Paracetamol tubuhnya berangsur-angsur membaik. Suhu tubuhnya kembali normal seperti sedia kala. Sementara itu jika dirasa perlu pemberian obat bisa dilakukan tiap 4 jam sekali dengan takaran yang dianjurkan adalah sesuai usia anak.

Seandainya suhu tubuhnya masih panas setelah pemberian obat Paracetamol memang dianjurkan kembali memeriksakan diri ke rumah sakit supaya mendapat penanganan lebih intensif.

Info seperti diatas memang sudah hafal diluar kepala karena saya sendiri orang yang cepat panik apalagi menyangkut sakit anak. Meskipun saya juga ada pemahaman secara medis dari dokter, tentang sakit panas pada anak hal yang umum terjadi.

Menandakan bahwa adanya defensi dalam tubuh lantaran ada kuman asing yang masuk ke dalam tubuh. Jadi panas yang terjadi seperti dianggap suatu alarm tubuh karena ada kuman penyusup. Hehehe.

Obat Demam Alternatif 

Namun setelah beberapa bulan Indonesia dihebohkan dengan kasus banyak balita meninggal karena bisa dibaca pada link sakit ginjal akut barulah diinfokan penarikan obat Paracetamol secara menyeluruh di kota Indonesia. 

Banyak juga para ibu yang mengeluhkan bagaimana jika benar Parasetamol yang sudah jadi andalan ditarik selamanya? Apa ada obat lainnya yang bisa menggantikan fungsi Parasetamol .

Tenang sobat Omtiks, saya yang pernah coba sebagai user experience atau pengalaman pribadi dimana saya tergolong orang yang lebih menuruti nasehat leluhur saya.

Seperti mengandalkan obat secara alami dari lingkungan sekitar. Selain dirasakan aman, berkhasiat, dan lebih ekonomis. Semisalnya nih ya, saya suda coba meredakan sakit batuk dengan bikin wedang geprek jahe. Minuman hangat dengan campuranbempon-empon seperti jahe lalu diminum hangat. Niscaya sakit tenggorokan karena batuk akan membaik.

Berikut ini ada 5 obat demam alternatif yang bisa sobat Omtiks coba di rumah ya, siapa tahu bisa jadi pertolongan pertama di saat sakit demam.

Air Kelapa 

Ganti Paracetamol dengan dengan obat demam altenatif2
Air kelapa yang segar ternyata punya banyak manfaat

Nah air kelapa ini juga bisa dimanfaatkan dalam mengatasi demam si anak. Dalam air kelapa disinyalir banyak kandungan elektrolitnya seperti kalium dan  magnesium sehingga dapat menenangkan saraf. Selain itu minum air kelapa juga dapat menghindari dehidrasi pada tubuh.

Lemon & Madu

Ganti Paracetamol dengan dengan obat demam altenatif3
Campurkan air madu dan perasan jeruk lemon 

Sudah pernah coba belum sobat Omtiks untuk memanfaatkan perasaan buah jeruk lemon dengan madu dimungkinkan bisa menurunkan demam anak serta meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya cukup mencampurkan 1 sendok makan dengan 1 sendok makan perasan jeruk lemon.

Bawang Merah 

Ganti Paracetamol dengan Obat Demam Alternatif4
Bawang merah manjur menurunkan panas

Khasiat bawang merah ini sudah aku dapatkan sejak kecil di mana jika ada anak-anak yang sakit termasuk saya langsung deh Ibu buatkan ramuan parutan bawang merah yang siap dioleskan pada tubuh. Dengan parutan bawang merah dipercaya bisa melancarkan peredaran darah. Serta melepaskan panas melalui penguapan dar permukaan kulit keluar .

Lidah Buaya 

Ganti Paracetamol dengan Obat Demam Alternatif5
Tanaman Lidah Buaya bermanfaat sebagai pereda panas yang aman

Siapa sih yang gak kenal dengan tanaman Lidah Buaya yang dulu diketahui juga bisa untuk menghitamkan warna rambut ternyata punya banyak manfaat. Dalam kandungan Lidah Buaya bisa menstimulasi sistem kekebalan tubuh serta membunuh  infeksi. Caranya bisa dengan minum dari olahan Lidah Buaya ataupun cuku mengoleskan daging Lidah Buayadan dikompres pada kulit. Waah mantaf juga tanaman hijau satu ini ya sobat Omtiks.

Jahe

Ganti Paracetamol dengan Obat Demam Alternatif6
Si Jahe Pedas bisa mengusir Panas

Selain dipercaya menyembuhkan rasa gatal sakit batuk tanaman jahe bisa digunakan melawan bakteri yang biasanya menjadi penyebab demam. Sebab dalam kandungan jahe kaya akan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiflamasi penghalau demam ringan yang disebabkan berbagai penyakit. Caranya bisa dengan mandi menggunakan air hangat yang sudah dibubuhi dengan 2 sendok makan bubuk jahe.

Bagaimana sobat Omtiks sudah tidak terlalu pusing kehilangan kesempatan memakai obat parasetamol saat urgensi anak demam. Cukup lakukan beberapa hal mudah sederhana yang bisa ditemui di sekeliling kita. Tunggu apalagi sudah tidak tergantung harus dengan obat Parasetamol lagi.

Keep Happy Blogging 

Sumber Gambar : pixbay.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)