20 Nov 2022

7 Manfaat Mengenalkan Anak Pada Hewan Peliharaan

 

7 Manfaat Mengenalkan Anak Pada Hewan Peliharaan
Banyak manfaat mengenalkan anak
Pada Hewan Peliharaannya 

Hai sobat Omtik sudah tahu belum banyak tentang 7 manfaat mengenalkan anak pada hewan peliharaan sejak dini. Ya pastinya akan lebih memberikan pengalaman baru bagi anak yang sedang aktif menjelajah hal baru di sekitarnya.

Jika anak tidak terbiasa bersinggungan dengan sekitarnya bisa jadi anak akan merasa canggung, kaku , bahkan ketakutan. Itu juga saya alami waktu kecil dan saya masih ingat banget dengan kejadian tersebut.

Kejadiannya terjadi saat saya diajak bermain ke rumah teman yang kebetulan di memiliki banyak hewan peliharaan. Seperti burung, anjing herder (ras yang tinggi besar), kelinci serta anak kucing yang beranak pinak banyaknya. 

Sontak saya kaget bukan kepalang saat kaki saya dikerubuti berapa anak kucing. Buat saya kerumunan anak kucing tersebut sangatlah menakutkan meski mukanya kucing imut lucu. Tanpa ancang-ancang saya langsung naik ke atas sofa demi menghindari anak kucing yang sekilas  seperti hendak mengeroyok tubuh. Waduh !!! Kalau inget kejadian itu, saya sangat malu. 

Oleh karena itulah dirasa perlu orang tua mengenalkan anak pada hewan mulai sekarang. Dengan pendampingan orangtua juga tentunya memberi rasa aman saat anak mulai timbul penasaran dan ingin tahu yang lebih besar untuk mengenal hewan.

Mengenalkan anak untuk dekat dengan hewan mendorongnya memiliki kepekaan yang lebih besar terhadap suatu hal yang berkaitan dengan lingkungan alam sekitarnya.  Kepekaan tersebut bisa direfleksikan melalui respon tubuh saat memeluk ataupun mengelus hewan.

7 Manfaat Mengenalkan Hewan 

Sebagai catatan saja nih sobat Omtiks hewan peliharaan bisa jadi  teman di rumah dan juga memiliki manfaat yang luar biasa.

Apalagi menurut Mary Renck Jalongo, PhD, Profesor Pendidik di Indiana University of Pennsylvania dan juga penulis buku berjudul The World of Children and Their Companion Animals, mengatakan memiliki hewan peliharaan di rumah bisa membuat anak-anak tumbuh berkembang dengan baik. Noted ya!

7 Manfaat Mengenalkan Anak Pada Hewan Peliharaan
Kucing-kucing gembul kesayangan 

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh mengenalkan anak pada hewan peliharaan:

1. Memberikan rasa nyaman 

Masih ingat gak, anak kecil menangis kencang tiba-tiba bisa terdiam ketika dinyanyikan Cicak-Cicak di dinding sambil menunjuk ke suatu tempat. Ternyata hewan berpengaruh pada perasaan seperti rasa sedih, marah akan berubah dengan melihat atau menyentuhnya. Coba saja elus-elus hewan kesayangan di rumah seperti kucing/anjing maka hati akan jadi tenang.

2. Menanamkan nilai-nilai moral

Memelihara hewan di rumah setidaknya anak bisa mengamati tanggung jawab seperti  makan, minum, mandi, bermain juga rasa perhatian. Mengajarkan anak juga tentang menjaga ikatan antar sesama mahluk hidup untuk lebih menyayangi.

3. Mengendalikan emosi melatih empati

Anak juga bisa belajar mengendalikan emosi,  kepedulian dan rasa empati. Gak heran ya sobat Omtiks hewan peliharaan juga bisa dimanfaatkan membantu terapi pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

4. Belajar disiplin dan tanggungjawab

Dengan mengenalkan anak pada hewan peliharaan secara tidak langsung melatih anak belajar tanggung jawab. Seperti memberi makan, minum, memandikan ataupun membersihkan kandang hewan.

5. Mendorong rasa percaya diri 

Biasanya anak yang suka hewan menjadi lebih penyayang, selalu aktif dan percaya diri pembawaannya. Bahkan anak bisa dengan spontan menceritakan uneg-uneg atau rahasianya kepada sang hewan yang sudah menjadi temannya akrab.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Ternyata anak yang sudah berinteraksi dengan hewan peliharaannya akan mudah berada dengan mikroba baik yang ada pada hewan. Jadi secara tidak langsung kekebalan tubuh anak bisa meningkat dan tidak rentan akan alergi. Duh luar biasa banget!

7. Terhindar stres dan mudah belajar membaca 

Dengan memiliki hewan peliharaan di rumah secara tidak langsung bisa menjadi teman menyenangkan anak bermain di rumah. Ingat tadi susah ada riset juga memilih hewan piaraan juga membantu tumbuh kembang termasuklah kemampuan kognitif belajar akan menjadi lebih mudah.

Demikian ulasan tantang 7 Manfaat Mengenalkan Anak pada Hewan Peliharaan mendorong orangtua mendukung buah hatinya lebih mengenal hewan sejak dini.

Keep Happy Blogging














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)