13 Nov 2022

Pentingnya Ajari Anak Etika Saat Bertamu ke Rumah Orang

 

Pentingnya Ajari Anak Etika Saat Bertamu ke Rumah Orang
Pentingnya Tahu Etika sejak dini
Credit : pixbay.com

Seberapa Pentingnya Ajari Anak Etika Saat Bertamu ke Rumah Orang ? Menurut saya sangat penting banget ! Karena ada sebagian orang yang anggap ini hal sepele. Halah mereka masih anak kecil. Belum tahu apa-apa. Sedih rasanya jika dengar ungkapan denikian terasa mengabaikan begitu saja. Padahal dari hal dasar bisa jadi pelajaran berharga nantinya. Ada yang pernah mengalami hal serupa, sobat Omtiks?

Pernah kejadian pas saya bertandang ke rumah teman yang habis bersalin melihat tamunya yang datang meluber. Termasuk para mamak yang mengajak para krucilnya lumayan heboh.

Diantaranya krucil yang aktif itu pada naik ke kasur temen yang memang tengah menyusui bayinya. Sementara tamu yang sudah seperti keluarga dekat secara tidak langsung juga ikutan menengok ke dalam kamar, kan. Jadinya para krucil tadi enjot-enjotan bak main trampolin. Wadalah, kacau !

Tidak jarang orangtuanya malah mengabaikan. Dianggap itu hal biasa terkait dengan mereka yang masih kanak-kanak sehingga jadi pemakluman. Mungkin teman saya mau menegur langsung juga sungkan tapi melihat roman mukanya tampak dia terlihat kurang nyaman saja. Jujur saya ikutan GEMEES juga pengin memeluk dan mengangkat para krucils pindah dari atas kasur. Hahahaha 

Itu masih belum seberapa ya sobat Omtiks, ternyata setelah ngobrol serius dengan beberapa teman dekat banyak sekali pengalaman yang terjadi. Tidak hanya loncat-loncat di kasur ada juga yang loncat di sofa, masuk ke dalam rumah masih memakai sepatu, buka buka kulkas, bahkan ada yang bongkar barang hiasan rumah. 

Jadi inget dulu ada kerabat dekat yang koleksi banyak benda porselen, pastinya dia akan senewen jika sampai ada yang menyentuh apalagi sampai tersenggol jatuh. Wah itu koleksi antik dengan harga yang fantastis. Nah tuuuh apa gak kasihan pemilik rumahnya bisa jadi trauma dalam menerima tamu. 

Ajari Etika Sejak Dini

Mengantisipasi kejadian yang demikian agar tidak menjadikan orang lain trauma dalam menerima tamu, sebaiknya orang tua paham Pentingnya Ajari Anak Etika Saat Bertamu ke Rumah Orang. Dengan membiasakan sikap sopan beretika tentunya anak lebih mengerti dan belajar lebih baik. Beberapa hal untuk menjaga etika baik yang bisa diajarkan :

1. Memberikan ucapan atau salam yang sopan 

Setidaknya anak paham adab bertamu yang baik adalah mengucap salam terlebih dahulu sebelum nantinya dipersilahkan masuk.

2. Tetap jaga sopan santun 

Setelah dipersilahkan masuk barulah mengucap terima kasih dan jaga sopan santun. Seperti melepas alas kaki, duduk tenang di ruang tamu sambil mengobrol santai.

3.Baru makan minum setelah dipersilahkan 

Ajari anak untuk bersabar dan bisa mencicipi makanan ataupun minuman setelah tuan rumah menawari. Sehingga anak tahu mana sikap untuk lebih menghormati pemilik rumah saat Bertamu.

4. Ingat Waktu Bertamu 

Ada baiknya juga anak diajari untuk tahu juga waktu berkunjung. Meskipun masih betah bermain ke rumah orang bisa diajarkan untuk menghargai privasi orang yang sedang dikunjungi.

5. Mohon ijin /pamit pulang 

Sebaiknya anak juga tahu untuk ijin berpamitan pulang dengan cara mengucapkan rasa terimakasih atas jamuan yang disediakan dan bisa ucapkan salam perpisahan ketika hendak pulang.

Semoga saja dengan lebih paham Pentingnya Ajari Anak Etika Saat Bertamu ke Rumah Orang bisa membantu perilaku sopan santun mereka terjaga lebih baik.


Keep Happy Blogging 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)