14 May 2019

Galang Dana Online Memudahkan Siapa Saja Untuk Berbagi

Yuk ikut Galang Dana Online gaeees
Galang Dana Online memudahkan siapa saja untuk berbagi seakan menjadi jawaban melegakan dari harapan dan doa orang-orang yang memiliki penghasilan pas-pasan. Mengapa bisa saya katakan demikian, karena saya juga turut  merasakan betapa mahalnya biaya berobat. Dengan kata lain orang miskin awam biasa tidak boleh SAKIT, sarkasme banget.

Diakui nih topik kesehatan selalu jadi pembahasan hangat yang terus diperbincangkan dari tahun ke tahun. Apalagi meningkatnya resiko orang Indonesia terkena penyakit kritis. Ironis bukan, padahal mendengar vonis mengidap sakit rawan saja sudah cukup bikin beban pikiran karena dirasa biaya pengobatannya tidaklah sedikit bahkan bisa diluar ekspektasi. (Bayangkan jika harus menjalani perawatan sakit tertentu paska operasi pada anggota keluarga tercinta)

Faktanya di lapangan masih banyak orang sakit baik sakit beresiko, penyakit tidak menular bahkan terserang penyakit langka yang kian meningkat bahkan banyak yang tidak mampu berobat.  Berdasar hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 menyebutkan penyakit tidak menular di Indonesia meningkat dibandingkan pada tahun 2013. Menurut data tersebut menunjukkan peningkatan pengidap penyakit kanker, strok, ginjal kronik, diabetes, dan hipertensi naik secara signifikan. Info penting tentang beragam penyakit tadi pernah saya ikuti di Sosialisasi Germas bareng DKK Semarang.

Wah jadi terbayang jangan sampai kita meremehkan yang namanya kesehatan. Ada banyak contoh di sekitar orang yang berkecukupan materi saja bisa habis habisan untuk berobat. Atau orang yang pas pasan awal mulanya juga terpaksa kehilangan  habis harta bendanya. Terus apa jadinya jika yang sakit sama sekali tidak memiliki kemampuan ?

Duh, saya malah keingetan nih sama tetangga perumahan, Bu Agus ini ternyata divonis mengidap kanker payudara stadium lanjut. Namun sayangnya dia bergeming tidak mau memperjuangkan pengobatan jangka panjang. Menurutnya  umur  manusia hanya Allah yang menentukan. Sehingga diputuskan untuk tidak menjalani pengobatan yang dianggap menguras banyak dana. Kini bu Agus sudah tiada setelah setahun diagnosa menderita kanker payudara.

Tidak hanya bu Agus saja, kekalutan soal biaya berobat juga dialami keluarga mbak Menik, kebetulan dekat kampungnya mama mertua. Ceritanya putri bungsu mbak Menik (2 tahun) pernah jatuh terantuk sudut meja saat latihan jalan.

Lalu malam  harinya si kecil malah demam tinggi. Bukannya dibawa langsung berobat ke rumah sakit melainkan diurut di tukang pijat. Selang beberapa hari suhunya tidak turun juga. Sayangnya, saat dibawa lagi ke rumah sakit semua sudah terlambat. Infeksi panas terlanjur menjalar ke otak, yang menyebabkan si kecil meninggal dunia. Noted penting  orangtua harus sigap bilamana ada keluarga yang sakit.


Platform Galang Dana Online di situs pedulisehat
Platform Galang Dana Online di situs  peduli sehat.id

Andai saja saat itu sudah ada wadah untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan semisal donasi kesehatan tentu saja perkara sakit yang dihadapi baik Bu Agus maupun mbak Menik akan beda ceritanya. 

Galang Dana Online Bentuk Kepedulian Sosial terhadap sesama melalui Peduli Sehat

Bersyukurlah hai teman, yang hidup di era serba modern ini karena banyak sekali fasilitas kemudahan yang bisa diakses. Salah satunya adanya Platform Donasi Kesehatan Online kekinian yang ada di Indonesia, yakni Peduli  Sehat. Siapa pun bisa turut membantu memberikan bantuan atau donasi kapan pun dan di mana saja terhadap pasien yang tepat.


Tidak hanya Peduli sehat merupakan wadah Galang Dana Online siapa saja yang bersedia / mampu melakukan donasi. Bahkan Peduli Sehat menawarkan  konsep Galang Dana Online secara mudah, cepat dan transparan.


Apalagi situs ini tercatat di Kepentingan No AHU-0033383.AH.01.01 tahun 2018-  Kominfo No 01204/DJAI.PSE/10/2018. Sehinggae kredibilitas Peduli Sehat tidak perlu diragukan lagi karena dalam kinerjanya di bawah pengawasan Kementrian Sosial, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.


Yuk sejenak menelusuri berdirinya situs pedulisehat.id yang merupakan wadah galang dana online ini diprakarsai oleh Raymond Chen pada tahun 2019. Prihatin dengan fakta 80 persen kondisi kesehatan masyarakat Indonesia ternyata masih jauh dari harapan untuk hidup sehat.


Apalagi World Health Organization (WHO) memperkirakan kurang dari lebih 12 juta penduduk Indonesia didiagnosa menderita penyakit kritis. Terdorong misi kemanusiaan dan sosial maka hadir Peduli Sehat di Indonesia yang berbasis tehnologi tinggi dan berkualitas.


Dengan harapan penggalangan dana online oleh Peduli Sehat ini lebih fokus untuk membantu orang-orang yang menderita sakit berserta keluarganya ketika mereka kekurangan dana untuk berobat (dalam bertahan hidup).


Untuk platform Peduli Sehat sendiri tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh melalui "Playstore " atau iOs, dan bisa pula diakses lewat website. Cara aksesnya pun cukup mudah banget, tinggal ketikkan di browser : www.pedulisehat.id

Selain itu informasi lainnya tentang platform  Peduli  Sehat bisa juga dicari tahu di akun sosial seperti i
nstagram @pedulisehatindonesia


Cara Ikut Galang Dana Online via situs pedulisehat.id
A.Membutuhkan  Donasi Kesehatan Galang Dana Online

Jika ada yang sedang mengalami musibah penyakit dan sedang membutuhkan bantuan donasi kesehatan melalui Galang  Dana Online, baik untuk diri sendiri maupun untuk anggota keluarga atau teman lainnya yang sedang membutuhkan maka bisa ikuti prosedurnya sebagai berikut :
  1. Buka aplikasi Peduli Sehat (yang telah diunduh di gadget) atau buka website dengan mengetikkan di browser www.pedulisehat.id.
  2. Lakukan registrasi. Bisa masuk dengan menggunakan akun Facebook, menggunakan email, atau dengan memasukkan nomor telepon.

Registrasi pedulisehat
Registrasi di Peduli Sehat


  • Jika masuk dengan Facebook atau akun gmail, maupun menggunakan nomor telepon maka harus melakukan verifikasi dulu yang kode verifikasinya akan dikirimkan melalui sms.

Cara Galang Dana Online
Cara Galang Dana Online


  • Klik tulisan “Galang Dana”Isi data yang dibutuhkan secara lengkap, jika telah selesai, klik “Ajukan”


Isi data registrasi
Isi Data Registrasi Lalu ajukan untuk Galang Dana Online


  • Bagikan halaman Galang Dana Online yang telah dibuat ke media sosial

B. Join Galang Dana Online sebagai Donatur 

Bagi yang ingin bergabung dalam Galang Dana Online sebagai donatur dengan memberikan bantuan donasi kesehatan bagi penderita penyakit maupun keluarganya yang sedang membutuhkan bantuan, maka bisa ikuti prosedurnya sebagai berikut :
  • Buka aplikasi atau masuk ke website dan lakukan registrasi (lihat poin A1 pada pembahasan  di atas).
  • Masuk ke bagian kampanye dan pilih siapa yang ingin diberikan donasi kesehatan melalui Galang Dana Online di situs Peduli Sehat. Setelah menemukan, klik langsung saja namanya dan silakan dibaca dulu kebutuhannya.
Siap Berbagi dalam Galang  Dana Online
Siap Berbagi Terhadap Sesama Yang Membutuhkan

  • Memilih jadi donatur, jika memang punya rejeki berlimpah bisa kok Galang Dana Online dalam bentuk materi. Minimal dana yang bisa didonasikan sebesar 10 ribu.
  • Selanjutnya klik “Donasi”. Namun jika belum mampu memberi donasi berupa materi, masih bisa membantu dengan membagikan link kampanye ini dengan cara klik “Bagikan”.
Kampanye Galang Dana Online
Pilih kampanye mana yang hendak didonasi

Dengan mengusung realtime dan transparan, orang bisa melihat pula di bagian bawah siapa saja yang telah melakukan galang dana online beserta jumlah yang didonasikan.

Perincian Donasi Online
Perincian Donasi Online  yang transparan 

Sementara di bagian atas halaman terlihat jumlah dana yang telah terkumpul dan seberapa banyak jumlah dana yang dibutuhkan.
Dengan begitu, orang juga bisa bebas memilih kampanye mana yang jumlah donasi online nya masih kurang banyak.

Oiya donasi online yang berupa materi bisa dilakukan dengan beragam cara mulai transfer melalui bank, online banking, virtual account, Alfamart, juga bisa menggunakan e-Wallet (OVO, OVO Point, maupun GoPay) ya teman hebat semua.

Jadi bisa dikatakan Galang Dana Online memudahkan siapa saja untuk berbagi atas partisipasi rasa kemanusiaan dan sosial. Kesemuanya kini mudah diwujudkan melalui peduli sehat.id .  

Yuk ulurkan sebagian rejeki yang kita miliki sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang masih memerlukan bantuan.

56 comments:

  1. TFS mba ..jadi tahu ada cara baru untuk membantu sesama khususnya yg kekurangan dana utk berobat. Insya Allah manfaat ya mba..

    ReplyDelete
  2. Hmm ini baru ya mbak? Khusus buat kesehatan aja? Semoga makin byk yg terbantu dgn adanya platform ini ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mbak bantuan kemanusiaan bidang kesehatan

      Delete
  3. Keinginan untuk berdonasi jadi lebih mudah ya didukung dgn aplikasi ini

    ReplyDelete
  4. Programnya keren banget, menumbuhkan sikap berbagi walau orang-orang yang kita bantu justru gak kita kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak mumpung masih bisa berbagi dengan Sesama

      Delete
  5. semoga dengan kemudahan memberi donasi, sekarang sudah bisa lewat aplikasi, semakin banyak dana yang masuk ya, btw makasih infonya

    ReplyDelete
  6. Sedih ya kalo ada tetangga atau kenalan yang tidak bisa berobat gara-gara tak ada biaya. Sebenarnya BPJS bisa membantu sih, meski kadang nggak semuanya. Karena kadang ada obat yang tidak terkaver juga. Nah kalo ada situs online yang bisa menggerakkan masyarakat untuk membantu sesama, bisa jadi solusi yang bagus.

    ReplyDelete
  7. Selain memudahkan orang lain untuk berbagi, juga memudahkan orang lain untuk terbantukan ya, mbak. Semoga makin banyak yang merasakan manfaatnya.

    ReplyDelete
  8. Ya Allah dengan adanya kecanggihan teknologi ini
    semakin banyak yang mau memberikan donasinya, karnea hanya lewat aplikasi
    jadi memmudahkan ya Mba

    ReplyDelete
  9. Jaman canggih begini semua serba digampangin ya, Mbak. Nyari donasi atau mau donasi nggak pake ribet. Keren banget pedulisehat.id ini.

    ReplyDelete
  10. Membantu sesama secara online sekarang semakin mudah caranya ya.. ada aplikasinya pula, jadi praktis.

    ReplyDelete
  11. Masih banyak orang yang membutuhkan uluran tangan kita ya mba. Hyuuk kita bantu melalui platform Peduli Sehat ini.

    ReplyDelete
  12. Sekarang gampang banget kalo mau berdonasi ya. Sudahlah ada platform galang dana online yang akan menyalurkan batuan kita.

    ReplyDelete
  13. Semakin variatif ya sekarang cara untuk menyalurkan donasi. Jadi sekarang ngga perlu bingung mau lewat mana, tersalurkan dgn baik apa ngga

    ReplyDelete
  14. Bener mbak, mudah banget untuk siapapun dapat berbagi untuk sesama melalui Peduli Sehat. Bahkan dari OVO atau GO-PAY pun transaksinya mudah banget.

    ReplyDelete
  15. wooww sekarang membantu orang jadi lebih mudah ya mba, apalagi banyak nih sodara kita diluar sana yang butuh uluran tangan kita. untung ada pedulisehat, jadi ngga perlu ke atm lagi buat transfer2 karena bisa pake gopay hihihi

    ReplyDelete
  16. Wah terimakasih infonya mbak
    Jadi tahu bahwa ada jalurnya untuk membantu sesama dalam hal kesehatan
    Semoga makin banyak donaturnya dan terasa manfaatnya oleh yang membutuhkan

    ReplyDelete
  17. Kalo tren digital dimanfaatkan untuk hal2 positif, dampaknya jadi jauuuh lebih cethar ya mba. Keren bgt yg bikin ide galang dana online ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  18. Sepakat banget Mbak.untung ada galang dana online ya jadi kapan saja bisa donasi. Mudah dan cepat pula

    ReplyDelete
  19. Pilihan pembayarannya banyak bisa pake e money juga. Makin fleksible buat mereka yang mau berdonasi.

    ReplyDelete
  20. Galang dana online skrg bnyak bgt jenisnya, memudahkan yg pemberi dan penerima bantuan. Ssmoga amanah saja ya

    ReplyDelete
  21. Aku udah tahu nih ttg galang dana online peduli sehat. Emang manfaat banget utk donasi ke orang2 yang menbutuhkan

    ReplyDelete
  22. Semoga dengan adanya platform ini semakin banyak yang terbantu...

    ReplyDelete
  23. Jadi inspirasi orang banyak nih.Mumpung ada kesempatan berbagi dengan orang lain

    ReplyDelete
  24. Makin banyak cara untuk kita berbagi. Hadirnya Peduli Sehat Indonesia sangat membantu meringankan beban saudara2 kita yg butuh biaya pengobatan berbiaya mahal.

    ReplyDelete
  25. Peduli Sehat bisa transaksi via gopay dan ovo juga ya.. Bagi yang suka menyimpan uang di ewallet bisa berbagi juga di Peduli Sehat

    ReplyDelete
  26. Senangnya di era digitalisasi ini.
    Berdonasi online semakin mudah, simpel dan praktis.

    Yuk mari kita bantu sebarkan dan menjadi bagian dari tentara kebaikan.

    ReplyDelete
  27. Wah donasi khusus kesehatan ini menarik juga ya, kita jd bisa membantu sesama yang sedang sakit. Tinggal kirimndonasi bisa pakai gopaybdan ovo juga

    ReplyDelete
  28. Keren banget nih peduli sehat makin mempermudah berdonasi untuk membantu sesama.

    ReplyDelete
  29. sekarang gampang banget untuk membantu orang lain yang membutuhkan bantuan
    ga perlu repot lagi ngecek kebenarannya karena pedulisehat.id sudah memverifikasi
    kita membantu juga makin ikhlas
    semoga makin banyak yg terbantu ya
    semoga makin erat rasa kekeluargaan kita

    ReplyDelete
  30. Galang dana online ini memudahkan siapa saja yang akan membantu ya.. cara pembayarannya juga mudah, bisa melalui bank transfer, GOJEK atau bisa alfamart.

    ReplyDelete
  31. Keren Mbak, pas Ramadan banyak beramal caranya pun mudah ya..terima kasih infonya..

    ReplyDelete
  32. Terima kasih atas informasinya.. sekarang berdonasi jadi mudah dan simpel

    ReplyDelete
  33. Mantuuul Mbak Putri ����
    Semoga menjadi solusi byk org, Amiiin ����
    Sugeng sore Mbak Putriii ��������

    ReplyDelete
  34. Iya bener banget mbak, kita patur bersyukur yess hidup pada era digital spt skrg ini. Semuanya serba canggih, termasuk dalam hal berdonasi ya.

    ReplyDelete
  35. Kesehatan memang nomor satu yang harus dijaga ya, Mbak Tanti. Tapi namanya sakit, tidak ada yang bisa menolaknya. Dan dengan adanya galang dana ini, sangat membantu meringankan beban sesama.

    ReplyDelete
  36. Thanks for sharing kak,semoga bisa menjadi solusi biaya kesehatan bagi yang tidak mampu, dan juga wadah donasi bagi yang berkelebihan.

    ReplyDelete
  37. Wah ini perlu banget di share mbak..

    ReplyDelete
  38. Wah, galang dana jadi lebih mudah ya, mba. Apalagi buat yang bener2 darurat seperti sakit. Semoga bermanfaat buat yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  39. Peduli Sehat semoga mnjadi ladang amal tanpa riya, dng sstym online kita menolong tnpa tahu/mngenal siapa mereka. Semoga makin sukses buat Mb Putri.

    ReplyDelete
  40. Galang Dana OnLine.
    Smart idea yang memudahkan kita utk memberikan donasi Sosial utk membantu rekan saudara yang sdg membutuhkan bantuan kita agar bs segera di salurkan tepat sasaran.
    Program ini sgt memberikan inspirasi dan juga memupuk jiwa kemanusiaan akan peduli terhadap Saudara disaat tertimpa musibah.
    Apalgi di bulan penuh berkah ini dimana semua amalan dan ibadah kita akan dilipat gandakan.
    Go Go Go to Omahantik, makin Sukses dlm memberikan idea briliant , maju trs mbak yuuu..
    We proud of you n Luv u so much...

    -Bunda Dini wulan-

    ReplyDelete
  41. Bagaimanapun tiap orang berhak untuk sehat, apalagi sekarang ada pedulisehat dengan galang dana online tentunya beban lebih ringan karena dipikul bersama. Indahnya berbagi

    ReplyDelete
  42. Alhamdulillah senang ada kemudahan dalam mendapatkan donasi..juga bagi yang ingin berdonasi. Tinggal klik aja ya...

    ReplyDelete
  43. Waah bisa donasi pakai ovo dan gopay ya jadi memudahkan ga ribet harus transfer.

    ReplyDelete
  44. Informasi yang bermanfaat untuk saling berbagi dengan sesama simple, mudah dan tepat sasaran. Kesehatan memang lebih penting dari harapan orang menjadi kaya, karena orang kaya saja bisa habis harta, dikarenakan tidak bisa menjaga kesehatan. Semoga kita selalu diberikan kesehatan. Amin.

    ReplyDelete
  45. Platform peduli sehat ini sangat bermanfaat ya, kita yang mau berdonasi pun jadi lebih yakin karena terpercaya

    ReplyDelete
  46. Kalau transparant gini pasti lama² banyak usernya nih mbak. Semoga berkah selalu ya sehingga bisa membantu banyak orang. Amiin

    ReplyDelete
  47. Dari semua penjelasan kak putri diatas, paling tertarik Dengan kalimat ini "orang miskin/awam biasa tidak boleh SAKIT. Dan sedihnya, kejadian itu hampir seringkali terjadi kak, semoga bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua. Dengan adanya platform ini bisa menjadi solusi terbaik ya kak.

    ReplyDelete
  48. Memudahkan orang lain maka hidup kita akan dimudahkan. Ini benar adanya ya, Kak. Yuklah kita banyak-banyak memudahkan hidup orang lain aja. Melalui Peduli sehat gampang pula prosesnya untuk bantu orang lain yang membutuhkan

    ReplyDelete
  49. Galang dana online membuat orang peduli dengan kondisi orang-orang di sekitarnya. Kalau tidak melakukan donasi, bisa juga membuat campaign untuk orang yang membutuhkan bantuan...

    ReplyDelete
  50. alhamdulillah...
    sudah ada wadah galang dana secara online... jadi makin mudah untuk berbagi...
    makasih infonya kak...

    ReplyDelete
  51. Alhamdulillah ada pedulisehat moga makin banyak orang yang terbantu

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)