14 Mei 2023

Tips Tetap Semangat dan Kuat Berlatih Renang Selama Puasa

Tips tetap semangat dan kuat berlatih selama puasa
Tetap bisa berlatih renang meski puasa
Dokpri omahantik.com

Pernah sih ada yang menanyakan selama bulan puasa ramadan sinok tetap menjalani latihan renang seperti biasanya ? Ya pastilah tetap semangat dan kuat berlatih renang selama puasa. 30 hari penuh looh puasanya, waktu yang lumayan berat untuk menjalani full puasa dengan program latihan terjadwal. Itupun masih dilakukan di luar kota.  Banyak teman mamak yang geleng-geleng kepala mendengarnya. Hehehe!

Mungkin untuk yang bukan atlit renang sebatas pemula, berenang di bulan puasa bisa saja dirasakan beban. Apalagi jika anak belum paham manfaat dari berpuasa. Terlebih jika olahraga yang dilakukan menguras tenaga. Olahraga renang memang sudah mengandalkan kekuatan otot. Dan daya kekuatan otot-otot tubuh diperoleh dari asupan makanan sehari-hari.

Tapi semua hal yang dirasakan sebagai beban, semisal berpuasa penuh mulai subuh hingga waktu magrib jika disiasati dengan cara yang benar malah menjadi panduan yang baik dalam melaksanakan ibadah puasa. Sekaligus melatih daya kesabaran pada anak dalam menahan keinginan untuk makan minum. Mungkin sobat Omtiks juga bingung nih, KOK BISA ya ?

Orang puasa pada umumnya menghindari pekerjaan berat yang kemungkinan bisa membatalkan puasa, tapi ini kok tetap saja masih latihan renang rutin tiap minggunya. DON'T WORRY so easy kok, asalkan dibiasakan secara disiplin dan konstan. Insyaallah bisa diterapkan pada anak juga dengan bimbingan orangtua.

Dari tadi saya begitu yakin anak tetap semangat dan kuat berlatih renang selama puasa karena berdasarkan pengalaman dari Sinok yang sudah menerapkan tips simpelnya dari awal hingga ia berhasil menjalani baik program latihan dan mencari pahala untuk puasanya.

Berikut ini akan saya share bagaimana tips tetap semangat dan kuat berlatih renang selama puasa yang sudah dilakukan sinok sejak awal puasa.

Tekadkan Niat ✓
Pertama kali hal yang selalu saya tanamkan dalam benak Sinok adalah memiliki tekad niat bulat dalam menggapai suatu impian. Salah satunya dengan beribadah baik menjalankannya kewajiban sebagai umat muslim dengan berpuasa. Dengan Puasa Allah akan membantu perjuangan siapapun dalam meraih asanya.

Disiplin dalam Pola Makan ✓
Sepertinya sepele namun kalau diabaikan bisa jadi bumerang. Dalam artian seorang yang banyak beraktifitas jika tidak memerhatikan asupan makanan yang bergizi cukup bisa jadi malah merugikan. Kondisi tubuh bisa ngedrop bahkan nantinya bisa membatalkan puasa. 
Makanya saya berusaha memberikan sesuai porsi yang dibutuhkan sinok mulai dari protein, vitamin, mineral dsb. 

Untuk berbuka saya berikan menu berkuah yang mengandung protein, semisal sup daging brokoli, tahu tempe goreng serta buah-buahan. Tidak lupa penuhi kecukupan asupan air minum sebanyak mungkin.
Sedangkan untuk waktu sahur saya berikan menu berprotein seperti capcay bakso ikan, filet kakap dan segelas susu hangat.

Sekedar tambahan informasi saja ya sobat Omtiks, jangan terlalu banyak memberikan asupan karbohidrat. Dikuatirkan anak akan lekas lapar dan mudah mengantuk. Seimbangkan saja bahan bergizi lainnya bisa asupan protein, sayuran-sayuran, mineral atau buah.

Tanyakan juga pada anak apakah ada yang kurang dari menu yang sudah disajikan. Biasanya sinok sih request untuk ganti jus biar gak bosan. Semisal biasanya minta jus melon, sesekali minta jus apokat.

Atur Waktu Istirahat ✓
Penerapan waktu istirahat yang cukup termasuk hal utama menjaga kebugaran selama puasa Ramadan. Dengan mengatur waktu istirahat seperti waktu tidur yang cukup 8-10 jam per harinya bisa mendukung daya tahan tubuh lebih prima. Sehingga tidak perlu kuatir berenang di saat menjalankan ibadah puasa. Bisa berjalan dengan baik dan lancar saja. Asalkan bisa teratur waktu istirahat dengan baik.

Berenang membuat semuanya lebih baik
Dokpri omahantik.com

Alhamdulillah sekali beberapa tips tetap semangat dan kuat berlatih renang selama puasa sudah dilakukan sinok secara konsisten. Hasilnya dia menjalani semua aktifitasnya dengan nyaman tanpa adanya keluhan. Bahkan dengan rutin latihan lima-enam kali dalam seminggu malah menjadikan momen puasanya lebih berkualitas. Ia tidak mudah tergoda lapar untuk makanan, bahkan tubuhnya terasa lebih fit. Waktu puasa terasa cepat berlalu.

Keep Happy Blogging 
  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar, insyaalah saya akan berkunjung balik. Sukses selalu :)